Pelatihan Penggunaan KIT Listrik Bagi Guru IPA SMP Sunan Ampel Kecamatan Karangrejo

Alik Mustafidal Laili


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/j-adimas.v7i1.1150

Abstract


Abstrak

Sains atau Ilmu pengetahuan Alam berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis. Sains bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan proses penemuan. Berdasarkan hasil observasi di SMP Sunan Ampel, masih banyak guru-guru Sains yang belum mengiringi kegiatan belajar Sains dengan kegiatan praktikum. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan keterampilan guru IPA SMP Sunan Ampel dalam merakit rangkaian dengan menggunakan kit listrik untuk menunjang pembelajaran IPA. Adapun target dan sasaran dari kegiatan ini adalah sebagai berikut: (1) Guru IPA SMP/MTs mampu merancang pembelajaran Sains yang diiringi dengan kegiatan praktikum, khususnya dengan menggunakan KIT listrik, (2) Guru IPA SMP/MTs mampu menggunakan KIT listrik yang telah tersedia di sekolah, (3) Guru IPA SMP/MTs mampu melakukan evaluasi/penilaian dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa dari kegiatan praktikum. Metode pelaksanaan pada kegiatan pelatihan ini adalah sebagai berikut: (1) Kegiatan pelatihan ini didahului dengan pembagian materi, (2) Nara sumber mengenalkan komponen-komponen yang terdapat pada kit listrik, cara menggunakan serta fungsinya, (3) Peserta pelatihan diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi antar anggota kelompok, (4) Nara sumber memberikan pelatihan merakit rangkaian listrik, (5) peserta pelatihan diberikan kebebasan untuk merancang sebuah praktikum dengan topik listrik, (6) pendamping memfasilitasi diskusi dan kegiatan selama pelatihan untuk memperlancar jalannya pelatihan. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan setelah kegiatan, bahwa peserta merasa perlu untuk dilakukan kegiatan serupa terutama untuk eksperimen terkait kit Fisika lainnya.

 

Kata kunci : Pembelajaran Sains, KIT listrik

Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics :

Abstract view : 12 times
PDF (Indonesian) View : 14 times