PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN KUIS WHO WANTS TO BE A MILLIONAIRE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DAN MOTIVASI SISWA SMP NEGERI 1 BOYOLANGU

tria septy wulandari


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/insp.v15i2.913

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS dan motivasi siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT dengan kuis who wants to be a millionaire dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan nonequivalent control group design.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Boyolangu terdiri atas kelas VII A – VII I. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII G yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII E yang berjumlah 32 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan secara acak. Hal ini dikarenakan seluruh kelas VII memiliki rata-rata yang relatif sama sehingga seluruh kelas bisa dijadikan kelas kontrol dan eksperimen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT dengan kuis who wants to be a millionare mencapai 75,89 dibandingkan pembelajaran pada kelas kontrol yaitu 71,69. Kedua, ada perbedaan motivasi belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT dengan kuis who wants to be a millionare yaitu  86,28 dibandingkan pembelajaran pada kelas kontrol yaitu 82,84.


Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF (Indonesian) View : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Magister Pendidikan IPS 

STKIP PGRI Tulungagung Jalan Major Sujadi Timur 7, Plosokandang, Kedungwaru Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229 Telepon : (0335) 32142
E-mail: inspirasi@stkippgritulungagung.ac.id

p-ISSN :19072015

e-ISSN :