PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN KUIS WHO WANTS TO BE A MILLIONAIRE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DAN MOTIVASI SISWA SMP NEGERI 1 BOYOLANGU

tria septy wulandari


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/insp.v15i2.913

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS dan motivasi siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT dengan kuis who wants to be a millionaire dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan nonequivalent control group design.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Boyolangu terdiri atas kelas VII A – VII I. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII G yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII E yang berjumlah 32 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan secara acak. Hal ini dikarenakan seluruh kelas VII memiliki rata-rata yang relatif sama sehingga seluruh kelas bisa dijadikan kelas kontrol dan eksperimen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT dengan kuis who wants to be a millionare mencapai 75,89 dibandingkan pembelajaran pada kelas kontrol yaitu 71,69. Kedua, ada perbedaan motivasi belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT dengan kuis who wants to be a millionare yaitu  86,28 dibandingkan pembelajaran pada kelas kontrol yaitu 82,84.


Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics :

Abstract view : 105 times
PDF (Indonesian) View : 38 times