PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATERI PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DENGAN PENDEKATAN KONSTEKTUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS

ariek tri ariani


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/insp.v15i2.907

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui  PenerapanModel Blended Learning dalam Pembelajaran Berbasis Web pada Materi Perubahan Sosial Budaya  dengan Pendekatan Kontekstual. 2).  Untuk mengetahui  Penerapan Model Blended Learning dalam Pembelajaran Berbasis Web pada Materi Perubahan Sosial Budaya terhadap Motivasi Belajar Siswa. 3). Untuk mengetahui Penerapan Model Blended Learning dalam Pembelajaran Berbasis Web pada Materi  Perubahan Sosial Budaya  terhadap Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif,Sedangkan menurut Bogdan dan Taylor (1975) dalam buku Moleong (2004:3) mengemukakan metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan,observasi, refleksi dan evaluasi. Subjek penelitian sebanyak 42 siswa dengan jumlah siswa laki-laki 25 siswa dan siswa perempuan 17 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif, dengan caramendeskripsikan data hasil observasi selama pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa persentase motivasi dan hasil belajar  pada pembelajaran IPS telah mencapai target yang ditentukan. Pada siklus I pertemuan pertama rata-rata skor motivasi dan hasil belajar kurang baik , 51,8  dan pada pertemuan kedua rata-rata skor meningkat menjadi 66,6. Rata-rata skor motivasi dan hasil belajar yang meliputi :( keaktifan, rajin, tekun, tanggung jawab , mengerjakan tugas tepat waktu sehingga hasil belajar rata-rata skor 66,6 ) siklus I  rata-rata2 skor mencapai 59,2. Pada siklus II meningkat, pada pertemuan pertama rata-rata skor  meningkat mencapai 72,4 dan pada pertemuan kedua rata-rata skor meningkat menjadi 86,2. Rata-rata meningkat  siklus II menjadi 79,3 Pada siklus II,  penelitian  dihentikan karena rata-rata skor sudah tercapai. Kesimpulan penelitian yang diperoleh adalah Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Web pada Materi PerubahanSosial Budaya dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS (  Pada siswa kelas IX  SMPN 2 Campurdarat, Kabupaten Tulungagung)


Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics :

Abstract view : 58 times
PDF (Indonesian) View : 30 times