PENINGKATAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEBAK KATA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII

Eny Suyanti


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/insp.v15i2.905

Abstract


Proses kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IPS Kelas VII ASMPN 1 Rejotangan masih belum terlaksana dengan baik, hal tersebut dilihat dari aktivitas siswa yang kurang pada saat proses pembelajaran. Motivasi dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMPN 1 Rejotangan  cenderung masih rendah. Hal tersebut disebabkan pembelajaran IPS monoton dan kurang adanya variasi. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui peningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa melalui metode pembelajaran Tebak Kata pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Rejotangan  karenamotivasi dan aktivitas belajar siswa di kelas VII A SMP N 1Rejotangan masih rendah.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMPN 1 Rejotangan. Penelitian ini berlangsung dalam 3 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data angket. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode, yaitu dengan membandingkan hasil wawancara, observasi, angket, dan catatan lapangan. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila tingkat motivasi dan aktivitas belajar siswa mencapai 75% dan apabila 75% dari siswa kelas VIIA memiliki nilai minimal 75 (KKM) pada mata pelajaran IPS.Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan metode pembelajaran Tebak Kata dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan pada setiap siklus. Siklus I motivasi belajar siswa adalah 69%. Pada siklus II meningkat sebesar 3 % menjadi 72%, dan pada siklus III meningkat sebesar 5% sehingga menjadi 77%. Hal ini berarti motivasi belajar siswa telah melampaui kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 75%; 2) Penerapan metode pembelajaran Tebak Kata dapat menigkatkan aktivitas belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan pada setiap siklus. Siklus I aktivitas belajar siswa adalah 67%, siklus II mengalami peningkatan sebesar 4% menjadi 71%, dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 6% menjadi 77%. Hal tersebut berarti menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa telah melampaui kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 75%.


Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics

Abstract view : 66 times
PDF (Indonesian) View : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Magister Pendidikan IPS 

STKIP PGRI Tulungagung Jalan Major Sujadi Timur 7, Plosokandang, Kedungwaru Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229 Telepon : (0335) 32142
E-mail: inspirasi@stkippgritulungagung.ac.id

p-ISSN :19072015

e-ISSN :