STRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMKN 1 BOYOLANGU

angga widhy wiryawan


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/insp.v14i2.415

Abstract


Seluruh tindakan dalam strategi pembelajaran di mata pelajaran sejarah Indonesia ditujukan untuk pembentukan karakter siswa. Masalah umum penelitian ini adalah trategi pembelajaran sejarah Indonesia dalam membentuk karakter siswa di SMKN 1 Boyolangu. Secara rinci penelitian ini difokuskan Bagaimanakah pendekatan pembelajaran, metode pembelajaran, teknik pembelajaran sejarah Indonesia dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru sejarah , kepala sekolah, dan siswa SMKN 1 Boyolangu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumen. Teknik pengujian yang dipergunakan dalam menentukan keabsahan data dalam penelitian ini adalah menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model intraktif yang mencakup empat hal yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam strategi pembelajaran sejarah Indonesia diketahui menggunakan pendekatan ilmiah atau Saintific Aproach. Pendekatan pembelajaran yang digunakan di dalam kurikulum 2013 yang menyentuh ranah sikap, pengetahuan, dan ketrampilan dengan langkah langkah kegiatannya meliputi mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi dan mengkomunikasikan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdullah, Taufik. 2005. Sejarah Lokal Di Indonesia. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press

Abdul Majid.Strategi Pembelajaran .Bandung: Rosdakarya Offset.2013

Albertus, Doni Koesoema. 2007. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta : PT Grasindo

Ahmadi Abu dan Joko Tri Prasetya. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia,1997.

Ahmadi Abu dan Joko Tri Prasetya. Strategi Belajar Mengajar. Bandung:

Pustaka Setia,1997.

Degeng, I Nyoman Sudana. Ilmu Pengajaran, Takonomi Variabel. Jakarta:

Depdikbud. Dyemdikti. P2LPTK,1989.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa

Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1996.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kochhar, S.K. 2008. Pembelajaran Sejarah: Teaching of History. Terjemahan Oleh Purwanta Dan Yovita Hardiwati. Jakarta: PT. Grasindo.

Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda

Nana Syodih S, 2011.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Rosda

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Media Prenada

Mulyono, Strategi Pembelajaran menuju Evektifitas Pembelajaran di Abad Global, (Malang: UIN Maliki Press, 2012),

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya, 1999.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Sanjaya. Wina Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006.

Sudjana, Nana. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru, 1989.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Suharsimi, Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Wina Sanjaya. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:Kencana


Article Metrics

Abstract view : 55 times
PDF (Indonesian) View : 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Magister Pendidikan IPS 

STKIP PGRI Tulungagung Jalan Major Sujadi Timur 7, Plosokandang, Kedungwaru Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229 Telepon : (0335) 32142
E-mail: inspirasi@stkippgritulungagung.ac.id

p-ISSN :19072015

e-ISSN :