PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL , KEPERCAYAAN DIRI DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA SMPN 2 NGUNUT

Rina Prabandari


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/insp.v15i1.411

Abstract


Kecerdasan emosional merupakan keberhasilan siswa dalam mencapai prestasi dalam belajar.  Kecerdasan emosional sangat penting dimiliki oleh siswa, karena dengan kecerdasan emosional siswa dapat mengelola emosi dan perasaannya sendiri maupun orang lain. Kepercayaan diri merupakan salah satu faktor yang perlu dikembangkan apabila anak ingin melakukan interaksi dengan lingkungan sosialnya. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat dirumuskan suatu permasalahan adalah adakah pengaruh kecerdasan emosional (EQ), kepercayaan diri dan interaksi sosial terhadap prestasi belajar siswa ke­las VIII SMPN 2 Ngunut Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan mengadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional (EQ), kepercayaan diri dan interaksi sosial terhadap prestasi belajar siswa ke­las VIII SMPN 2 Ngunut Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F dengan menggunakan bantuan program SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian adalah ada pengaruh positif yang signifikan kecerdasan emosional (EQ), kepercayaan diri dan interaksi sosial terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngunut Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dengan F-hitung (66,750) > F-tabel (3,44) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan kesimpulan di atas, disarankan agar siswa mampu mengendalikan emosinya dengan baik, mempunyai kepercayaan diri yang tinggi dan mampu menjalin hubungan baik dengan orang lain, agar prestasi belajarnya dapat meningkat. 


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahmadi, Abu. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Alder, Harry. 2001. Boost Your Intelegence. Alih bahasa Christina Prianingsih. Jakarta: Erlangga

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dimyati, dkk. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Gerungan. 2009. Psikologi Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Santoso, Slamet. 2010. Teori-teori Psikologi Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitiatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Soyomukti, Nurani. 2010. Pengantar Sosiologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soekanto, Surjono. 2009. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Susanti, dkk. 2009. Mencetak Anak Juara: Belajar dari Pengalaman 50 Anak Juara. Yogyakarta: Katahati

Syaiful, dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.


Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF (Indonesian) View : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Magister Pendidikan IPS 

STKIP PGRI Tulungagung Jalan Major Sujadi Timur 7, Plosokandang, Kedungwaru Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229 Telepon : (0335) 32142
E-mail: inspirasi@stkippgritulungagung.ac.id

p-ISSN :19072015

e-ISSN :