PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL, KREATIVITAS GURU DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS

sudarmiati sudarmiati


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/insp.v15i1.409

Abstract


Dalam kegiatan belajar mengajar, pengukuran hasil prestasi belajar dimaksudkan untuk mengetahui seberapa jauh perubahan tingkah laku siswa setelah menghayati proses belajar. Rumusan masalah dalam penelitian adalah  Apakah  ada pengaruh  Pendekatan Pembelajaran Kontekstual ,kreativitas Guru kedisiplinan Belajar Siswa terhadap  Prestasi Belajar IPS Kelas V SD  Se Gugus VI Kabupaten Tulungagung? Apakah  ada  pengaruh  secara bersama-sama Pendekatan Pembelajaran Kontekstual,  Kreativitas Guru dan Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap  Prestasi Belajar IPS Kelas V SD  Se Gugus VI Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif  korelatif. Populasi penelitian siswa kelas V SD se-gugus VI sebanyak 190 siswa.  Sampel 30% dari jumlah populasi yang ada yaitu 58 siswa. Beberapa tahapan analisis yang dilakukan adalah  (1) Analisis Frekuensi, (2) uji persyaratan analisis, terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan (3) uji hipotesis yang terdiri dari uji simultan dan uji partial. Berdasarkan analisis diperoleh hasil rhitung (0,923) > rtabel (0,254). Hal ini menunjukkan bahwa secara parsial  pembelajaran kontekstual  berpengaruh  secara positif dan signifikan dengan prestasi belajar IPS siswa dan  hasil rhitung (0,947) > rtabel (0,254). Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil rhitung (0,908) > rtabel (0,254). Hal ini menunjukkan bahwa secara parsial  kedisiplinan belajar siswa   berpengaruh  secara positif dan signifikan dengan prestasi belajar IPS siswa.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Reneka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung : Refika Aditama

Koswara & Halimah. 2012. Seluk Beluk Profesi Guru. Bandung : Pribumi Mekar

Sobur. 2012. Butir-butir Mutiara Rumah Tangga. Jakarta : BPK Gunung Mulia.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group


Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF (Indonesian) View : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Magister Pendidikan IPS 

STKIP PGRI Tulungagung Jalan Major Sujadi Timur 7, Plosokandang, Kedungwaru Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229 Telepon : (0335) 32142
E-mail: inspirasi@stkippgritulungagung.ac.id

p-ISSN :19072015

e-ISSN :