PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL, KREATIVITAS GURU DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS
Abstract
Dalam kegiatan belajar mengajar, pengukuran hasil prestasi belajar dimaksudkan untuk mengetahui seberapa jauh perubahan tingkah laku siswa setelah menghayati proses belajar. Rumusan masalah dalam penelitian adalah Apakah ada pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual ,kreativitas Guru kedisiplinan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas V SD Se Gugus VI Kabupaten Tulungagung? Apakah ada pengaruh secara bersama-sama Pendekatan Pembelajaran Kontekstual, Kreativitas Guru dan Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas V SD Se Gugus VI Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelatif. Populasi penelitian siswa kelas V SD se-gugus VI sebanyak 190 siswa. Sampel 30% dari jumlah populasi yang ada yaitu 58 siswa. Beberapa tahapan analisis yang dilakukan adalah (1) Analisis Frekuensi, (2) uji persyaratan analisis, terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan (3) uji hipotesis yang terdiri dari uji simultan dan uji partial. Berdasarkan analisis diperoleh hasil rhitung (0,923) > rtabel (0,254). Hal ini menunjukkan bahwa secara parsial pembelajaran kontekstual berpengaruh secara positif dan signifikan dengan prestasi belajar IPS siswa dan hasil rhitung (0,947) > rtabel (0,254). Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil rhitung (0,908) > rtabel (0,254). Hal ini menunjukkan bahwa secara parsial kedisiplinan belajar siswa berpengaruh secara positif dan signifikan dengan prestasi belajar IPS siswa.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Reneka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung : Refika Aditama
Koswara & Halimah. 2012. Seluk Beluk Profesi Guru. Bandung : Pribumi Mekar
Sobur. 2012. Butir-butir Mutiara Rumah Tangga. Jakarta : BPK Gunung Mulia.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group