PENGARUH GAYA MENGAJAR, MODEL PEMBELAJARAN STAD DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS

Anis Junaidah


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/insp.v15i1.408

Abstract


Untuk memperoleh prestasi yang akan dicapai secara optimal maka dibutuhkan pendekatan pembelajaran  maupun gaya mengajar yang tepat. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) adakah pengaruh gaya mengajar guru terhadap  prestasi belajar IPS?, (2) adakah pengaruh  model pembelajaran STAD terhadap  prestasi belajar IPS?, (3) adakah pengaruh  motivasi  belajar siswa terhadap  prestasi belajar IPS?, dan (4) adakah  pengaruh  secara bersama-sama gaya mengajar, model pembela-jaran  STAD  dan motivasi  belajar siswa terhadap  prestasi belajar IPS?. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif  yang bersifat korelatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD se-gugus VIII Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 145 siswa.  Sampel 35% dari jumlah populasi yang ada yaitu 51 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik quesionar atau angket dan data prestasi belajar dengan menggunakan rerata hasil dari 2 kali ulangan formatif  pelajaran IPS. Dapat disimpulkan ada pengaruh gaya mengajar guru  terhadap  Prestasi Belajar IPS, dibuktikan dengan hasil analisis rhitung (0,894) > rtabel (0,271). Secara parsial  gaya mengajar guru  berpengaruh  secara positif dan signifikan dengan prestasi belajar IPS siswa, ada pengaruh penerapan pembelajaran model STAD terhadap  Prestasi Belajar IPS dibuktikan dengan  analisis  rhitung (0,887) > rtabel (0,271). Hal ini menunjukkan secara parsial metode pembelajaran STAD berpengaruh  signifikan dengan prestasi belajar IPS siswa.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Dimyati. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Reneka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Handoko, Martin. 2012. Motivasi : Daya Penggerak Tingkah Laku. Jakarta : Kanisius.

Ibrahim, Muslimin. 2014. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA

Sardiman. 2012. Interaksi, Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali.

Slavin, Robert E, 2015. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group

Usman, Uzer. 2012. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Rosda Karya


Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF (Indonesian) View : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Magister Pendidikan IPS 

STKIP PGRI Tulungagung Jalan Major Sujadi Timur 7, Plosokandang, Kedungwaru Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229 Telepon : (0335) 32142
E-mail: inspirasi@stkippgritulungagung.ac.id

p-ISSN :19072015

e-ISSN :