PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, MINAT BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

fitri rahayu


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/insp.v14i2.406

Abstract


Penelitian ini meneliti apakah ada pengaruh kemandirian belajar,minat belajar,disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa khusunya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VIII Di SMPN 2 Pakel tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, produk momen, uji t, uji F dan uji R2 dengan menggunakan bantuan program SPSS 23.0, for windows. Dilihat dari analisis linier berganda dengan hasil kemandirian belajar berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 1,300 lebih besar dari ttabel 0.679 hubungan positif sebesar 0,661 nilai signifikan 0,002, minat belajar sebesar 0,738 lebih besar dari ttabel 0.679 hubungan positif sebesar 0,835  nilai signifikan 0,003, disiplin belajar sebesar 1,466 lebih besar dari ttabel 0.679 hubungan positif sebesar 0.716 nilai signifikan 0,001 dan lingkungan belajar 0,087 lebih kecil dari ttabel 0.679 hubungan positif sebesar 0,604 nilai signifikan 0,004. 


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Apriatun.2014. Makalah. Menumbuhkan Minat belajar pada siswa. Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan: Universitas PGRI Yogyakarta

Data siswa tahun pelajaran 2016/2017 SMPN 2 Pakel

Fatoni.aziiz.2015. Pengaruh perhatian orang tua, kemandirian belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi ekonomi akuntasi sisswa kelas XI IPS di SMAN 2 Re,namh tahun pelajaran 2014/2015. Tesis publish

Fatoni.moh. 2016. pengaruh kedisiplinan, minat belajar, dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ips siswa smkn 1 godean tahun 2015/2016. Universitas Pgri Yogyakarta. Tesis Publish

Hakim, Thursan. 2002. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Suara

Majid.Abdul.2015.Penilian Autentik Proses dan Hasil Belajar.Bandung: Remaja Rosdakarya

Putri.Meilina Eka.2011. Pengaruh Kebiasaan Belajar Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 1 Patuk Gunung kidul Tahun Ajaran 2011/2012. Tesis Publish

Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kuantitatif . Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sundjana,Nana.1989.Penelitian Hasil Proses Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar DiSekolah. Jakarta: Rinika Cipta

Slameto.2003.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sobri.Muhammad.2014. Pengaruh kedisiplinan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya.Jurnal Harmoni Sosial.(online) Vol. 1 Nomor 1 (43-56)


Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF (Indonesian) View : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Magister Pendidikan IPS 

STKIP PGRI Tulungagung Jalan Major Sujadi Timur 7, Plosokandang, Kedungwaru Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229 Telepon : (0335) 32142
E-mail: inspirasi@stkippgritulungagung.ac.id

p-ISSN :19072015

e-ISSN :