TAHAP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI CANVA MENGGUNAKAN MODEL FOUR-D PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Koir - Koiriyah


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v19i2.2690

Abstract


Artikel ini merupakan artikel konseptual yang menggunakan beberapa literasi yang didapat dan dijabarkan. Pembahasan ini mengenai Tahapan Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Menggunakan Model Four-D sebagai media pembelajaran yang menarik pada pembelajaran jarak jauh. Media pembelajaran sangatlah diperlukan oleh guru dalam menunjang dan mendukung suatu pengajaran dalam pendidikan. Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan guru dalam mengajar, selain menggunakan buku, guru pun diharapkan mempunyai media pembelajaran yang menarik. Pada pelaksanaan pembelajaran jarak jauh ini, dimana perkembangan teknologi semakin pesat dan maju, setiap orang diharapkan dapat mengerti teknologi sebagai penunjang segala aktivitas yang ada, begitupun dalam ranah pendidikan. Pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan model Four-D, model ini mempunyai empat tahapan yaitu tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate.

Kata Kunci: Media pembelajaran; Aplikasi Canva; Model Four-D; Pembelajaran jarak jauh.


Article Metrics :

References


DAFTAR PUSTAKA

Agustini, S. (2021). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN QR CODE BERBANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI APPLICATION OF CANVA-ASSISTED QR CODE LEARNING MEDIAS. JURNAL NALAR PENDIDIKAN, 9, 110. https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.20228

Albert Riyandi, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi untuk Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Abdimas Nusa Mandiri, Vol 2 No 2, 3742. https://doi.org/https://doi.org/10.33480/abdimas.v2i2.1682

Dr. Ahmad Halid, S.Pd.I, M. P. . (2020). Membangun Sekolah: Prinsip Pembelajaran Sukses, Siswa Kreatif i.

Dr. Nurdyansyah, S.Pd., M. P. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN Inovatif (M. P. Pandi Rais, S.Pd. (ed.); 1st ed.). UMSIDA Press.

Drs. H. Samhudi MR., M. P. . (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Ilmiah STAI. KH.Abdul Kabier, 1 No.1, 146163. http://jurnal.staikha.ac.id/index.php/contoh/article/view/12

Fitriani, R. P. &Yuni. (2020). ANALISA PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TENGAH PANDEMI VIRUS CORONA COVID-19. Journalof Information System Applied , Management, Accounting and Research, 4(2). http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181

Garris Pelangi. (2020). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA JENJANG SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 7996.

Hapsari, Gita Permata Puspita., & Z. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Pancasakti Science Education Journal, 6(1), 2229. https://doi.org/10.24905/psej.v6i1.43

MODEL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 4D DARI THIAGARAJAN. (2020). Maglearning.Id. https://maglearning.id/2020/08/01/mengembangkan-media-pembelajaran-menggunakan-kerangka-4d/

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 919.

Setiawan, A. R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19) Adib. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 2837.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261