PENGARUH KEDISIPLINAN, MOTIVASI SISWA DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI MA MA’ARIF UDANAWU

miftahul ulum, imam sujono, imam sukwatus sujai

Abstract


Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MA Ma’arif Udanawu Blitar, (2) pengaruh motivasi siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MA Ma’arif Udanawu Blitar, (3) pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MA Ma’arif Udanawu Blitar, (4)  pengaruh kedisiplinan siswa, motivasi siswa dan kompetensi guru secara bersama-sama terhadap terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MA Ma’arif Udanawu Blitar. Penelitian ini dilakukan di MA Ma’arif Udanawu Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar.  Metode penelitian yang digunakan adalah  korelasional  dengan pendekatan kuantitatif non eksperimen dan menggunakan analisis regresi liner berganda, menggunakan program komputer SPSS 19.00 for Windows . Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik  proportional random sampling, yaitu mengambil sebagian populasi siswa kelas XI IPS MA Ma’arif Udanawu sebanyak 150 siswa dari 238 siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MA Ma’arif Udanawu Blitar, 2) ada pengaruh motivasi siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MA Ma’arif Udanawu Blitar, 3) ada pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MA Ma’arif Udanawu Blitar, dan 4) ada pengaruh kedisiplinan siswa, motivasi siswa dan kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MA Ma’arif Udanawu Blitar. 


References


Direktorat Dikmenjur. (2006). Buku Kurikulum SMK Edisi 2006. Jakarta: DPMK

Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kejuruan. (2002). Sejarah Pendidikan Teknik dan Kejuruan di Indonesia: Membangun Manusia Produktif. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Syaeful. (2002). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Jakarta: Usaha Nasional.

Djojonegoro, W. (1998). Pengembangan Sumber Daya Manusia: Melalui Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Depdikbud.

Direktorat Dikmenjur. (2004). Kurikulum Teknik Mekanik Otomotif Edisi 2004. Jakarta: Depdiknas.

Evarinayanti. (2002). Pelatihan Berbasis Kompetensi (Competency Based Training). Jakarta: Depdiknas.

Fudyartanto, Ki. (2002). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Yogyakarta: Global Pustaka Ilmu.

Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Mulyasa, E. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2005). Implementasi Kurikulum 2004, Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Siregar, Evaline dan Nara, Hartini (2010), Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sukmadinata, N.S. (2001). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, N.S. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Yayasan Kesuma Karya

Uno, B. Hamzah. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Magister Pendidikan IPS 

STKIP PGRI Tulungagung Jalan Major Sujadi Timur 7, Plosokandang, Kedungwaru Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229 Telepon : (0335) 32142
E-mail: inspirasi@stkippgritulungagung.ac.id

p-ISSN :19072015

e-ISSN :