PERANAN PELAKSANAAN DISIPLIN DISEKOLAH, DI RUMAH DAN LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL TERHADAP PEMBENTUKAN PERILAKU SISWA BERBASIS BIMBINGAN KONSELING

fuad ahsan
Hari Subiyantoro
sunjoto sunjoto


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v13i2.260

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan disiplin sekolah, di rumah, Lingkungan tempat tinggal terhadap pembentukan perilaku siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ngunut, (2) Untuk mengetahui perencenaan pelaksanaan disiplin sekolah, di rumah, Lingkungan tempat tinggal terhadap pembentukan perilaku siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ngunut, (3) Untuk mengetahui evaluasi peranan pelaksanaan disiplin sekolah, di rumah, Lingkungan tempat tinggal terhadap pembentukan perilaku siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ngunut. Metode penelitian yang diguanakn adalah kualitatif deskriptif. Metode analisis yang digunakan adalah metode Miles dan Huberman. Metode Triangulasi dan konstan komparatif digunakan untuk menjaga keabsahan data.

Hasil penelitian ini menujukkan bahwa peranan kedisiplinan disekolah, dirumah, di lingkungan tempat tinggal siswa sangat berperan dalam pembentukan perilaku siswa dalam keseharian mereka, maka dari itu perlu kerjasama dari berbagai pihak yang ada disekolah baik semua guru, kepala sekolah dan semua warga masyarakat sekolah, begitu juga dengan disiplin di rumah perlu adanya kerjasama orangtua dengan semua keluarga termasuk bapak/ibu guru, pada tingkat lingkungan masyarakat juga perlu adanya kerjasama yang berkesinambungan antar element yang ada di masyarakat agar peran kedisiplinan dapat terwujud bagi generasi bangsa.


Article Metrics :

References


Alwisol. 2009. Edisi Revisi: Psikologi Kepribadian. Malang: UMM press.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Banun Sri Haksasi.2008. Instrumentasi Bimbingan dan Konseling Non Tes. Salatiga: Widyasari Press.

Bernardus Widodo. Keefektivan Konseling Kelompok Realitas Untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin

Dede Rahmat Hidayat. 2011. Teori Dan Aplikasi: Psikologi Kepribadian Dalam Konseling. Jakarta: Ghalia Indonesia

ElizabethHurlock. 1999. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga

Kartini Kartono. 2000. Bimbingan dan Dasar-Dasar Pelaksanaannya. Jakarta: CV. Rajawali.

Liang Gie. 2000. Cara Belajar Yang Efisien Edisi Keempat. Yogyakarta: Gajah Mada Unipress.

Moh Shochib. 2010. Edisi Revisi: Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Mengembangkan Disiplin Diri. Malang: Rineka Cipta

Prayitno. 2004. Pedoman Bimbingan Kelompok. Padang: Universitas Padang Press.

______. 2012. Seri Panduan Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang Press.

Prayitno dan Eman Amti. 1999. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Rineka Cipta.

SISDIKNAS. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 TH.2003). Jakarta: Sinar Grafika

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta

_______. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.

Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Sukiman. 2011. Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Pembimbing. Yogyakarta: Paramitra.