ANALISIS SWOT UNTUK MENENTUKAN STRATEGI MANAJERIAL PERUSAHAAN YANG EFEKTIF

Sherly Hesti Erawati
Fahmi - Wance


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v18i1.1922

Abstract


Menyadari bidang usaha dompet digital yang sedang ramai dan jumlah competitor di bidang usaha cukup banyak maka perlu adanya strategi yang inovatif dan kreatif yang efektif, yang harus di lakukan Linkaja di kota malang. Agar produk yang ditawarkan dapat bersaing di pasar dompet digital. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui faktor internal (kekuatan dan kelemahan) perusahaan sebagai pertimbangan pengambilan kebijakan perusahaan. 2) mengetahui faktor eksternal ( peluang dan ancaman) perusahaan sebagai sebagai pertimbangan dalam menentukan strategi kedepanya. 3) menentukan kebijakan strategi yang efektif berdasarkan pada analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kondisi internal perusahaan Linkaja di kota malang memiliki nilai 2 ,37 yang dapat di artikan kekuatan perusahaan baik dengan penilaian secara objektif. Sedangkan kondisi eksternal perusahaan Linkaja di kota malang, memiliki nilai 1,26 yang dapat di artikan nilai peluang yang cukup tinggi dengan penilaian secara objektif. Posisi perusahaan Linkaja di kota malang saat ini berada di fase pertumbuhan usaha. Hasil ini di buktikan pada matriks internal dan eksternal SWOT yang menunjukan keadaan perusahaan perada pada sel 1. Strategi yang tepat untuk diterapkan pada Linkaja di kota malang saat ini adalah dengan SO (strenght dan oppotunities )


Article Metrics :

References


Referensi

Arum, Harjanti Puspa. 2012. PengaruhKesadaran Wajib Pajak, PelayananFiskus, dan Sanksi Pajak terhadapKepatuhan Wajib Pajak OrangPribadi yang Melakukan KegiatanUsaha dan Pekerjaan Bebas.Diponegoro Journal of Accounting,Vol. 1, No. 1.

Arisandy, Nelsi, 2017. Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan wajib Pajak Orang pribadi Yang Melakukan Kegiatan Bisnis Online Di Pekan Baru. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, Vol. 14.No.1, Maret 2017:62-71.

Carolina, Veronica. 2009. Pengetahuan Pajak. Jakarta: Salemba Empat

Irianingsih, Eka, 2015. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Terhadap, Pelayanan Fiskus dan Sanksi Adminitrasi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) (Studi di Kantor Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor SAMSAT Sleman)

Irmawati, Agnes Sophia (2015), Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, sanksi Perpajakan dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama jakarta Cekung Satu).

Mardiasmo, 2011. Perpajakan,Edisi Revisi,Andi: Yogyakarta.

Nurmuntu, Safri. 2005. Pengantar Perpajakan. Jakarta : Granit

Nurlaela, Siti. 2013. Pengaruh Pengetahuan dan Pemahaman, Kesadaran, Persepsi terhadap Kemauan Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Pekerjaan Bebas. Jurnal Paradigma Vol. 11 No. 02

Putri, Amanda & I Ketut Jati. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Denpasar.

Purnamasari, D., & Sudaryo, Y. (2018). The Effect of Knowledge Taxpayer, Moral Taypayer and Tax Sanctions on Taxpayers Compulsory.

International Journal of Trade, Economics and Finance, 9(5), 214219.

https://doi.org/10.18178/ijtef.2018.9.5.618

Muliari Ni Ketut dan Setiawan Putu Ery, 2011. Persepsi Terhadap Samksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Pelaporan WPOP, Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, Volume 6, nomor 1, Bulan Januari 2011. ISSN 2303-101

Susanto, Herry., 2012. Juara II Lomba Artikel Pajak Nasional Direktorat Jenderal Pajak. Melalui www.pajak.go.id.

Susilawati, Evi Ketut dan Ketut Budiartha. 2013. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Perpajakan dan Akuntabilitas Pelayanan Publik pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 4.2, 345-357.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 TentangPajak Daerah Dan Retribusi.

Yunita Septiani Ria, Kurniawan Putu Sukma dan Diatmika I Putu Gede, 2017. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Bea Balik Nama, Sanksi Perpajakan dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Samsat wilayah Kab Banyuwangi, Jurusan Akuntansi Program S1 (Vol: 8 No: 2 Tahun 2017)

Wardani, Dewi Kusuma; dan Rumiyatun. 2017. Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, KesadaranWajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor, Dan Sistem SAMSAT Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi kasus WP PKB roda empat di kantor SAMSAT Drive Thru Bantul). Jurnal Akuntansi, Vol. 5, No.2, Juni 2017.

Wardhani Dewi Kusuma dan Azis M. Rifqi, 2017. Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, dan program SAMSAT Corner Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor, Jurnal Akuntansi Dewantara, Vol 1, No 2, Okt 2017

Widyana Dewa Putu Gede dan Putra I Nyoman Wijana Asmara. Pengaruh Kesadaraan Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor,