Faktorfaktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Pada Bisnis E-Commerce

Sherly Hesti Erawati (STIE Malangkucecwara)


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v17i2.1581

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah unutk mengetahui variabel Harga, citra, kemudahan, pelayanan dan kepuasan berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas konsumen. Dan Untuk mengetahui dari antara yang mempengaruhi loyalitas konsumen, bahwa kepuasan dominan mempengaruhi secara parsial terhadap loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional dan populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa STIE Malangkucecwara angkatan 2016. Peneliti menggunakan 50 orang Mahasiswa sebagai sampel. Hasil penelitian membuktikan bahwa hipotesis pertama yaitu harga (X1), citra (X2), kemudahan (X3), pelayanan (X4) dan kepuasan berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas konsumen pada perusahaan jasa traveloka. Sedangkan hipotesis kedua yaitu dari antara faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen, kepuasan dominan mempengaruhi loyalitas konsumen.

Kata kunci : Harga, Citra, Kemudahan, Pelayanan, Kepuasan


Article Metrics :

References


DAFTAR PUSTAKA

A.S, Munandar. (2001). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta : UI.

Bilson, Simamora. 2001. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, Edisi Pertama, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama

Buchari Alma, (2007), Manajamen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung.

Cristina Widya Utami, (2006). Manajemen Ritel (Strategi dan Implementasi Ritel. Modern); Jakarta: Salemba Empat

Daryanto, & Setyobudi, I. (2014). Konsumen dan pelayanan prima. Yogyakarta: Gava Media

Erni Setyowati dan Wiyadi, 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan dan Kepusan Pelanggan Sebagai Variabel Pemediasi, Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya Vol. 18, No. 2, Desember 2016.

Eni Hairany dan Marijati Sangen, 2014. Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Lembaga Pengembangan dan Sertfikasi Batu Mulia Di Martappura Kab Banjar, Jurnal Wawasan Manajemen, Vol. 2, Nomor 3, Oktober 2014

Eugenia Andrea Dennisa, Suryono Budi Santoso, 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Klinik Kecantikan Cosmedic Semarang), Diponegoro Journal Of Management, Volume 5, Nomor 3, Tahun 2016, Halaman 2

James F. Engel (1994), pengertian perilaku konsumen, dalam buku Perilaku Konsumen, Edisi 6 : jilid 1. Penerbit Binarupa Aksara.

Kamal, M. (2006). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas

Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Perumahan Puri Mediterania Semarang). Jurnal Ekonomi, 4(7), 3-12.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong 2008, Prinsip-prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Musanto, T. (2002). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan:

Studi Kasus Pada CV Sarana Media Advertising Surabaya. Jurnal Marketing, 2(2), 1-7, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Muhammad Rhendria Dinawan, 2010. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi kasus pada konsumen Yamaha Mio PT Harpindo Jaya Semarang) Jurnal Sains Pemasaran Idonesia, Volume IX, No. 3, Desember 2010, halaman 335 369

Nia Maharani, Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk I-Phone Di Bandung

Paulus A. Pangaila, Frederik G. Worang, Rudy S. Wenas, 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhada[ Loyalitas Pelanggan Pengguna Aplikasi Gojek, Jurnal EMBA Vol.6 No.4 September 2018

Peter, J Paul and Jerry C Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Terjemahan oleh Diah Tantri Dwiandani Edisi Kesembilan Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Radetya Agung Wibowo, 2015. Kesuksesan E-commerce (OnlineShopping) Melalui Trust dan Customer Loyalty, | Jurnal Ekonomi Bisnis Tahun 20, Nomor 1, Maret 2015, hlm 1 - 52

Riny Herliyansyah,2018. Pengaruh Harga,Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan

Tio Setyo Kuncoro, 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Mahasiswa UNY Menggunakan Sepatu Sepak Bola SPECS