PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII

Muhammad Denny Wicaksono (SMPN 2 Tanggunggunung)


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/insp.v17i1.1568

Abstract


 

Abstract

Technology at this time has become the basic needs of everyone from parents, to young people, experts to lay people also use technology. Google classroom acts as a medium or tool that can be used by teachers and students to create online classes. learning strategies need technology that can develop and support these learning strategies. This study aims to describe the use of google classroom in cooperative learning strategies in social studies subjects. This research uses descriptive qualitative research methods. In this design, the researcher describes the phenomenon of the object of research, collects and tells information about the phenomenon of the object of research, and reports it narratively about the information that has been found. The research location is SMP Negeri 2 Tanggunggunung, JL. Raya Tenggong, Tanggunggunung District, Tulungagung Regency. The results of this study are, the use of google classroom in cooperative learning has several steps, namely orientation, group work, and evaluation. The use of Google classroom in cooperative learning strategies is also considered to be able to foster the activeness, ability to express opinions, enthusiasm and interests of students, because with the appropriate media and learning strategies, the learning process is no longer boring.

Keywords: Google classroom, Learning strategies, Cooperative learning.

 

Abstrak

Teknologi pada saat ini telah menjdi kebutuhan dasar setiap orang dari orang tua, hingga anak muda, para ahli hingga orang awam pun menggunakan teknologi. Google classroom berperan sebagai media atau alat yang dapat di gunakan oleh pengajar dan siswa untuk menciptakan kelas online. strategi pembelajaran di perlukan Teknologi yang dapat mengembangkan dan mendukung strategi pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pemanfaatan google classroom dalam strategi pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam rancangan ini, peneliti mendeskripsikan fenomena objek penelitian, mengumpulkan dan menceritakan informasi tentang fenomena objek penelitian tersebut, serta melaporkannya secara naratif tentang informasi-informasi yang telah ditemukan. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 2 Tanggunggunung, JL. Raya Tenggong, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung. Hasil penelitian ini adalah, pemanfaatan google classroom dalam pembelajaran kooperatif memiliki beberapa langkah yaitu orientasi, kerja kelompok, dan evaluasi. Penggunaan Google classroom dalam strategi pembelajaran kooperatif  juga di nilai dapat menumbuhkan keaktifan, kemampuan berpendapat, semangat dan minat peserta didik, karena dengan adanya media dan strategi pembelajaran yang sesuai, maka proses pembelajaran tidak lagi membosankan.

 

Kata kunci: Google classroom, Strategi pembelajaran, pembelajaran kooperatif

References


REFERENSI

Afrianti, W. E. (2018). PENERAPAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI ( Studi Pada Program Studi Akuntansi Universitas Islam Indonesia ) SKRIPSI Oleh : Nama : Wahyuni Eka Afrianti FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA.

Cahyadi, R. (2015). Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation ( Gi ) Dalam Pembelajaran Ips Di Mi Muhammadiyah Kaligondang Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri ( Iain.

Hardoyono, F. (2007). Strategi Pembelajaran Era Digital: Usulan Skenario dalam Menyambut Transformasi STAIN Purwokerto sebagai Salah Satu PTAI yang Mengembangkan Cyber Kampus. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan Insania, 12(1), 17–38. https://doi.org/10.1016/j.ceramint.2011.02.010

Hairunisya, N. (2018). Analysis of Lesson Plan, Learning Process, Teacher Competence Based on The Indonesian Economics. Dinamika Pendidikan. https://doi.org/10.15294/dp.v13i1.13617

Hairunisya, N., Sujono, I., Subiyantoro, H., & Rindrayani, S. (2020). Students Assessment of Teacher’s Ability and Knowledge, Attitude & Economic Skill of Students Based on the Indonesian Economy, (February). https://doi.org/10.4108/eai.13-2-2019.2286527

Pangkat, M. B., Logaritma, D. A. N., & Smk, D.


Article Metrics :

Abstract view : 121 times
PDF (234-242) (Indonesian) View : 209 times