PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN

Lailatus - Saadah (STIE Malangkucecwara Malang)


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/insp.v17i1.1557

Abstract


Corporate governance merupakan tata kelola perusahaan yang menjelaskan hubungan antara berbagai partisipan dalam perusahaan yang menentukan arah kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui apakah dewan direksi berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. (2) untuk  mengetahui apakah komite audit berpengaruh terhadap kinerja perusahaan (3) untuk mengetahui apakah ukuran perusahaan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor pertambangan dan perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan bahan kimia yang terdaftar di BEI pada tahun 2016-2018. Pengambilan sampel menggunakan purpusive sampling sebanyak 14 perusahaan. Variabel yang digunakan adalah dewan direksi, komite audit dan ukuran perusaaan sebagai variabel dependennya, sedang kinerja perusahaan sebagai variabel independen. Alat analisis yang digunakan analisis regresi berganda. Hasil pengujian membuktikan bahwa dewan direksi dan  komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan tambang..


References


Adestian, Yuda, (2016), Pengaruh Dewan Komisaris, Dewan Direksi, Dewan Komisaris Independen, Komite Audit Dan ukuran Perusahaan Pada Kinerja Perusahaan Perbankan Yang Listing Di BEI Tahun 2012-2014, Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro.

Alfiani, L. K. (2019). Intensity, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Konsentrasi Kepemilikan Manajerial, dan Jenis KAP Terhadap Pengungkapan Aset Biologis. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Audita, Setiawan, (2016), Pengaruh Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan, Fakultas Ekonomi, Universitas Sangga Buana, Bandung

Batubara, Inggrid Nadya, 2014. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di BEI Periode 2010-2012. Skripsi. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Bukhori, Iqbal. 2012. Pengaruh Good Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Perusahaan. Skripsi Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang (Publikasi).

Hendratni, Tyahya Whisnu, Nana Nawasiah, Trisnani Indriati, (2018), Analisis Pengaruh Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Sektor Perbankan Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2012 – 2016, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila, Jakarta, Indonesia

Kartikasari, Y.D (2016). Pengaruh Good Corporate Governance dan Modal Intelektual terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di BEI tahun 2011-2015. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Kusumaningrum, D.D. (2015). Pengaruh Good Corporate Governan dan Leverage terhadap Kinerja Keuangan (studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2012-2013). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mahardhika, Muhammad Damar, (2015), Pengaruh Dewan Direksi, KOmite Audit, Kepemilikan Institusional Dan Penerapan Prinsip Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi pada Perusahaan yang ikut dalam Pemeringkatan Corporate Governance Perception Index Periode 2011-2014), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Maria Krispinianti Dua Asang, Nova Retnowati, Indah Noviandari, (2017), Pengaruh Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI, Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Bhayangkara Surabaya

Sakaredi, Sawitri, (2011), Pengaruh Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di LQ45 Tahun 2005-2009), Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro

Santy, Siti Sakdiah, 2014. PengaruhGood Corporate Governance Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Sulindawati, N. L. G. E., Yuniarta, G. A., dan Purnamawati, I. G. A. (2017). Manajemen Keuangan. 1st ed. Depok: Penerbit PT Raja Grafindo Persada

Theacini, Deby Anastasia Meilic dan Wisadha, I Gde Suparta. 2014. Pengaruh Good Corporate Governance, Kualitas Laba dan Ukuran Perusahaan Pada Kinerja Perusahaan. e-Journal Accounting Universitas Udayana 7.3, Hal: 733-746.

Widagdo, Dominikus Octavianto Kresno dan Chariri, Anis. 2014. Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Kinerja Perusahaan. e-Journal Accounting Universitas Diponegoro, Semarang. Vol. 3, No. 3, Hal: 1.


Article Metrics :

Abstract view : 39 times
PDF (177-187} (Indonesian) View : 18 times