Gaya Hidup Ibu Rumah Tangga Pengusaha Salon Kecantikan (Studi Kasus Pengusaha Salon Kecantikan Di Kecamatan Panggul)

Martini - Martini


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/insp.v16i1.1057

Abstract


Gaya hidup merupakan tindakan sadar yang memiliki tujuan, tidak lain adalah ingin memperoleh rasa aman dan identitas diri. Waktu  luang  merupakan  waktu  yang  mempunyai  posisi  bebas penggunaannya dan waktu tersebut berada di luar kegiatan rutin sehari-hari sehingga dapat dimanfaatkan  secara  positif  guna  meningkatkan  produktifitas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gaya hidup pengusaha salon dalam memanfaatkan waktu luangnya. Tujuan tersebut akan dijelaskan dan dianalisis menggunakan teori gaa hidup kotler dan teori Waktu luang triatmoko. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif paradigma interpretatif yang secara khusus menggunakan teori utamanya dari Kotler tentang Gaya Hidup dan teori pendukungnya tentang Pemanfaatan waktu luang dari Triatmoko. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Setelah data terkumpul, data akan dianalisis dan membuat simpulan. Hasil penelitian menunjukkan gaya hidup pengusaha salon mencakum tiga obyek yaitu aktivitas, minat dan opini, ketiga obyek tersebut dimaknai oleh masing-masing pengusaha salon kecantikan, dan waktu luang terdiri dari dimensi waktu, cara pengisian, fungsi. Hasil pemaknaan gaya hidup dan waktu luang tersebut kemudian dijadikan dasar tindakan bersama. Tindakan bersama dapat melalui kesamaan gaya hidup dan waktu luang.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Black, James A, dan Dean J.Champion. (Terj: E.Koeswara et. al). 1992. Metode dan Masalah Penelitian Sosial. Bandung: PT Eresco.

Ghoni, M. Djunaidi dan Fauzan Almansyur. 2012.

Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz media.

Mulyana, Deddy. 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigm Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Notopuro, Hardjito. 1979. Peranan wanita dalam masa pembangunan Indonesia. Jakarta. Ghalia Indonesia.

Rahayu, Iin Tri dan Tristiadiardi, Ardani 2004. Observasi dan wawancara, Malang, Bayumedia.

Octarina, Elizabeth Dewi. 2007. Minat menggunakan kartu kredit ditinjau dari gaya hidup hedonis. Jurnal psikologi (online). Semarang. Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata.

Creswell, Jhon W. 2014. Research Design. Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Terjemahan oleh Achmad Fawaid Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kotler, Philip.2006. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. Jilid 1. Terjemahan Oleh Benyamin Molan. Jakarta: Indeks.

Sukandji, Suetarlah. 2007. Psikologi Pendidikan Dan Psikologi Sekolah. Depok: Universitas Indonesia.


Article Metrics :

Abstract view : 16 times
PDF View : 7 times