DESKRIPSI PSIKOMOTORIK MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNIVERSITAS TANJUNGPURA PADA PRAKTIKUM PENENTUAN KADAR ASETOSAL SECARA ASIDIMETRI

Firman Shantya Budi
Masriani Masriani


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i1.5236

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan psikomotorik mahasiswa program studi pendidikan kimia FKIP Universitas Tanjungpura mengenai praktikum penentuan kadar asetosal secara asidimetri melalui titrasi asam basa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan wawancara berdasarkan data yang diperoleh. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan kimia sebanyak 16 orang yang ditentukan melalui teknik sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan persentase kemampuan psikomotorik dengan kategori sangat baik diantaranya mencuci seluruh peralatan gelas, memasang buret dengan klem, menuangkan larutan baku ke dalam buret, menggunakan pipet volume, menambah indikator ke dalam sampel, mengatur mulut buret, dan menghitung kadar analit yang masing-masing sebesar 94%, 100%, 88%, 100%, 81%, 100%, 88%. Kategori baik dengan persentase 69% yaitu pembilasan buret dengan larutan standar dan mengamati volume titran. Kemudian kemampuan menghentikan titrasi saat titik akhir termasuk kategori cukup dengan persentase sebesar 50%. Secara keseluruhan kemampuan psikomotorik mahasiswa termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase rata-rata sebesar 86,69%.


Keywords


kemampuan psikomotorik; asidimetri; titrasi asam basa

Article Metrics :

References


Aghisna, D., Enawaty, E., & Rasmawan, R. (2017). Komparasi Kemampuan Psikomotorik Mahasiswa Reguler Dengan PAPK Pada Percobaan Titrasi Asam Basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(3). doi: https://dx. doi.org/10.26418/jppk.v6i3.19117

Arikunto, S. (2004). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Chang, R. (2005). Kimia Dasar. Jakarta: Erlangga.

Christian, G. D. (2003). Analytical Chemistry (Sixth ed.). Washington: John Wiley & Sons Inc.

Dopico, E., Linde, A. R., & Vasquez, E. G. (2013). Learning Gains in Lab Practices : Teach Science Doing Science. Journal of Biological Education, 48(1). doi: https://doi.org/10.1080/00219266.2013.801874

Enawaty, E. (2020). Deskripsi Kemampuan Psikomotorik Mahasiswa Pendidikan Kimia Pada Titrasi Asam Basa. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 8(2). doi: http://dx.doi. org/10.29406/ar-r.v8i2.2133

Harris, D. C. (2010). Quantitative Chemical Analysis (Eighth ed.). New York: W.H. Freeman and Company.

Harvey, D. (2000). Modern Analytical Chemistry (1 ed.). New York: McGraw Hill Companies.

Noviyanti, H., Hakim, Y. A., Kurniawan, E. S., & Akhdinirwanto, R. W. (2022). The Implementation of Virtual Home Laboratories To Improve Students Psychomotor Abilities. Jurnal Pijar Mipa, 17(6), 759-763. doi: https:// doi.org/ 10. 29303/jpm.v17i6.4210

Nurbaiti, N., Enawaty, E., & Sartika, R. P. (2018). Deskripsi Keterampilan Psikomotorik Mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP Untan Pada Praktikum Penentuan Kadar Asam Askrorbat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7). doi: https://dx. doi.org/10.26418/jppk.v7i7.26220

Nurwahidah, I., & Sari, D. S. (2022). Analisis Keterampilan Mahasiswa Pendidikan IPA Dalam Melakukan Praktikum dan Berkolaborasi . EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 3(2). doi:https://doi.org/10.37859/eduteach.v3i2.3795

Riyanti, L. E., Kuntadi, C., Arrafat, B. S., & Kurniawan, I. E. (2023). Project-Based Learning, Inquiry Methods, Demonstration Methods, and Psychomotor Abilities : A Review of The Literature . Dinasti International Journal of Education Management And Social Science, 4(5). doi: https://doi.org/ 10.31933/ dijemss.v4i5.1769

Simbolon, P. P., Hairida, H., & Harun, A. I. (2016). Deskripsi Kemampuan Psikomotorik Siswa Praktikum Kelarutan Dan Hasil Kelarutan (Ksp) Kelas XI IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(4). doi:https://dx. doi.org/10.26418/jppk.v5i4.14994

Yakar, Z., & Baykara, H. (2014). Inquiry-Based Laboratory Practices in a Science Teacher Training Program. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 10(2), 173-183. doi: https://doi.org/ 10.12973/eurasia.2014.1058a

Yani, A., Safitri, F. E., Usman, U., & Dahlan, A. (2019). Analyzing The Student Experiment Psychomotor Abilities. Proceedings of the 7th Mathematics, Science, and Computer Science Education International Seminar, MSCEIS 2019. Bandung: EAI. doi:http://dx. doi.org/10.4108/eai.12-10-2019. 2296496