PENGARUH METODE STORY TELLING DENGAN MEDIA VENTRILOQUIST TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Jusmawati Jusmawati
Perawati Bte Abustang
Sri Wulandari
Ilham Mansis
Rosdiana Rosdiana
Elma Apriliniar


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i1.5229

Abstract


Penelitian ini menganalisis penggunaan metode storytelling dengan media ventriloquist, terutama menggunakan boneka jari, dan menemukan bahwa metode ini memiliki pengaruh positif terhadap keterampilan bercerita siswa di kelas. Metode bercerita ini meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam pengambilan keputusan realitas, serta menginspirasi siswa dalam keterampilan mengajar guru. Selain itu, metode bercerita juga menciptakan suasana belajar yang hidup, memotivasi partisipasi siswa, dan meningkatkan keterampilan berbicara serta rasa percaya diri siswa. Media pembelajaran, seperti boneka jari, dapat memandu pembelajaran aktif siswa, memberikan motivasi, dan meningkatkan kedisiplinan. Penggunaan boneka jari dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dapat mengubah suasana belajar menjadi lebih positif. Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan menganalisis berbagai jurnal dan buku yang relevan. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi penggunaan metode storytelling dengan media ventriloquist dalam meningkatkan kemampuan bercerita siswa di sekolah dasar.


Keywords


story telling; media ventriloquist; kemampuan bercerita

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Anjeli, Y. N., & Latifah, N. (2021). Pengembangan Media Boneka Jari Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN Saga VI Kabupaten Tangerang. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(1), 1. https://doi.org/10.30738/wa.v5i1.8444

Bahrun, N. A., Akib, E., Arief, T. A., Hambali, U., & Email, C. (2022). Pengaruh Metode Story Telling Dengan Media Panggung Bonekaterhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas IV UPT SPF SD Negeri Sangir Kota Makassar Pembelajaran Bahasa Indonesia adalah salah satu muatan mata pelajaran yang sangat Indonesia diajarkan agar sisw. 7(1), 1385–1394.

Boneka, P., Untuk, T., Kemampuan, M., Pada, S., Gmim, T. K., Matani, H., Kelas, P. T., Ii, S., Gmim, T. K., & Matani, H. (2023). Jurnal Pendidikan Indonesia MATANI Marlian Manora Universitas Negeri Manado , Indonesia INFO ARTIKEL ABSTRAK Diterima : 30-06-2023 Direvisi : 10-07-2023 Disetuji : 11-07-2023 Pendahuluan Dalam pasal 28 ayat 1 Undang-Undang Republik Indonesia No . 20 tahun. 4(07), 722–732.

Chrisyarani, D. D. (2018). Pengembangan Media Boneka Tangan dengan Metode Bercerita untuk Siswa Kelas V SDN Sudimoro 2 Kabupaten Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 57. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2199

Darmawan, I. P. A., & Priskila, K. (2020). Penerapan Storytelling Dalam Menceritakan Kisah Alkitab Pada Anak Sekolah Minggu. Kurios, 6(1), 35. https://doi.org/10.30995/kur.v6i1.129

Ilmiah, J., & Pendidikan, W. (2022). 3 1,2,3. 8(17), 206–212.

Maknun, L., & Adelia, F. (2023). Penerapan Metode Storytelling Dalam Pembelajaran Di Mi/Sd. Jurnal Jipdas (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 3(1), 34–41. https://doi.org/10.37081/jipdas.v3i1.1283

Marwah, M. (2022). Stimulasi Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini Melalui Media Boneka Tangan. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 34–42. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.76

Merry, M., Abustang, P. B., Fatimah, W., & Satriawati, S. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa SD Inpres Bangkala III Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(03), 257–265. htt ps://doi.org/10.59141/japendi.v3i03.623

Muannisa, N., Sabillah, bellona mardhatillah, Fitriana, E., & Abustang, ferawati bte. (2022). Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa Volume 2 No.1 April (2022): 92-102 PENGARUH SIKAP SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR LURING METHOD PADA SISWA SD NEGERI KASSI KOTA MAKASSAR. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(1), 92–102. https://doi.org/ 10.37289/kapasa.v2i1.136

Nadia Oktaviani, Dian Nuzulia Armariena, & Noviati. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Hand Puppet (Boneka Tangan) Sebagai Motivasi Keterampilan Bercerita Siswa Sd Negeri Palembang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1350–1359. https://doi.org/ 10.36989/didaktik.v9i3.1437

Oktanisfia & Susilo, 2021. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Storytelling dalam Meningkatkan English Speaking Skill at Mr. Bob English Course. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 5(1), 48–53. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/article/view/13036

Rambe, A. M., Sumadi, T., & Meilani, R. S. M. (2021). Peranan Storytelling dalam Pengembangan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2134–2145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1121

Stkip, S. D., & Bangka, M. (2020). = 0, 05 Obtained the Results of Hypothesis Testing That Is With the Value of T. 1(7).

Suradinata, N. I., & Maharani, E. A. (2020). Pengaruh Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(2), 72–81. https://doi.org/ 10.37985/joecher.v1i2.11