PRAKTIKALITAS DAN EFEKTIVITAS APLIKASI SCIENCE IN AL QURAN (SCIQU) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ANDROID
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Chusniah, E. R., & Setianingsih, R. (2021). Pengembangan Komik Matematika Berbasis Kontekstual Untuk Materi Lingkaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(2), 55. https://doi.org/ 10.26740/ jppms.v3n2.p55-64
Elisyah, N., & Hidayat, A. T. (2024). VALIDITAS LKPD DAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI OPERASI. Indo-MathEdu Intellec tuals Journal, 5(1), 225–231. https:// doi.org/10.54373/imeij.v5i1.599.
Fadieny, N., Andriani, R., & Hidayat, A. T. (2023). Efektivitas Modul Elektronik Fisika Berbasis Experiential Learning Berbantuan Smartphone terhadap Peningkatan Kompetensi peserta Didik. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13(September), 486–494. https:// doi.org/10.33087/dikdaya.v13i2.519
Hadi, W. S., & Dwijananti, P. (2015). Pengembangan Komik Fisika Berbasis Android Sebagai Suplemen Pokok Bahasan Radioaktivitas Untuk Sekolah Menengah Atas. UPEJ (Unnes Physics Education Journal), 4(2), 15–24. https://doi.org/ 10.15294/upej.v4i2.7431
Handayani, T. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 737–756. https://doi.org/10.26811/ didaktika.v5i3.343
Hidayatsyah, Elisyah, N., Hidayat, A. T., & Ayunda, D. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 14(2), 510–520. https:// doi.org/10.37304/jikt.v14i2.277
Hidayatsyah, H., Hidayat, A. T., & Elisyah, N. (2023). Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan GeoGebra. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1915–1923. https:// doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2425
Lukman, I., & Ulfa, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Kimia Siswa SMA Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 157–164. https://doi.org/10.17977/ um031v7i22020p157
Mahmuzah, R., Hidayat, A. T., Qausar, H., Sinaga, N. A., Arinal, T. M., & Darmawan, M. P. (2023). Analisis Validitas Mathematics Comic Application Sebagai Media Pembelajaran Bermuatan Etnomatematika Berbasis Android. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 989–996. https:// doi.org/10.31932/j-pimat.v5i2.2917
Marpiantini, N. M., Kristiantari, M. G. R., & Gading, I. K. (2022). Pengembangan Media Strip Comic Berbasis Android Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 167–178. https://doi.org/10.38048/ jipcb.v9i1.664
Mujahadah, I., Alman, A., & Triono, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III SD Muhammadiyah Malawili. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 8–15. https://doi.org/10.36232/ jurnalpendidikandasar.v3i1.758
Mujtahid, Z., Rahadi, I., & Sinaga, N. A. (2024). Analysis of Student s ’ Skills in Developing Mathematics Learning Videos Using ICT-Based Learning Media. Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika, 2(1), 79–85. https://doi. org/10.33830/hexagon.v2i1.7646
Muttakin, M., Mujtahid, Z., Hidayat, A. T., Absa, M., Attahara, T., & Nursada, R. (2023). Feasibility of Android-Based Application SCIQU (Science in Al-Quran) as Science Learning Media for Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(SpecialIssue), 1–9. https://doi.org/ 10.29303/jppipa.v9ispecialissue.5874
Pangaribuan, S. S. A., Muliana, M., Isfayani, E., Nufus, H., & Hidayat, A. T. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Talking Stick Berbantuan Video Animasi. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3(2), 110. https:// doi.org/10.29103/jpmm.v3i2.12384
Rahmata, A. (2021). Pengembangan E-Comic Matematika Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Bermuatan Etnomatematika Materi Aritmetika Sosial. MATHEdunesa, 10(1), 32–44. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n1.p32-44
Setiawaty, S., Imanda, R., Rahmi, A., Lukman, I. R., & Ramadhani, A. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Materi Kimia Sistem Koloid. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(6), 4851–4855. https://doi.org/10.29303/ jppipa.v9i6.2304
Widya, Ginting, F. W., Iqbal, M., & Andriani, R. (2023). Validity of a Physics E-Module Based on Creative Problem Solving Model Integrated With Renewable Energy. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 11544–11550. https://doi.org/ 10.29303/jppipa.v9i12.5959
Widya, Maielfi, D., & Alfiyandri. (2021). Need Analysis for Physics E-Module Based on Creative Problem Solving Integrated 21st Century Skills. Journal of Physics: Conference Series, 1940(1). https://doi.org/ 10.1088/1742-6596/1940/1/012110
Widya, W., Andriani, R., Sudirman, S., Hidayat, A. T., & Elisyah, N. (2023). The Effectiveness of Physics E-Modules Based on Creative Problem-Solving Learning Model Integrated with 21st-Century Skills. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 6(1), 48–58. https://doi. org/10.24042/ijsme.v6i1.14584
Widya, W., Yusmanila, Y., Zaturrahmi, Z., & Ikhwan, K. (2022). Praktikalitas E-Module Berbasis Model Creative Problem Solving (CPS) untuk Materi Fluida Dinamis Terintegrasi Keterampilan Abad 21. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5700–5707. https://doi.org/10.31004/ edukatif.v4i4.3313