PENDIDIKAN HOMESCHOOLING SEBAGAI ALTERNATIF BELAJAR SESUAI KEBUTUHAN SISWA

Heru Suparman


DOI: https://doi.org/10.29100/.v5i2.4827

Abstract


Tujuan penelitian terhadap perkembangan pendidikan homeschooling dan bagaimana respon masyarakat terhadap pendidikan homeschooling yang telah berkembang saat ini akan apakah memberikan dampak dan menjadi solusi atau alternatif bagi siswa dan orang tua untuk tetap memberikan pendidikan kepada anak-anaknya serta sebagai bagian perkembangan sains. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah kajian literatur dengan menganalisis dari berbagai sumber untuk dapat memberikan gambaran kondisi perkembangan pendidikan homeschooling. Analisis dilakukan untuk memberikan jawaban apakah pendidikan homeschooling merupakan sebauh alternatif bagi siswa dan orang tua untuk dapat tetap melakukan proses pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa. Adapun hasil dari kajian dan analisis yang dilakukan adalah ternyata banyak hal yang melatar belakangi siswa dan orang tua memilih pendidikan homeschooling salah satunya agar anak dapat lebih berkonsentrasi, ada beberapa kebijakan sekolah yang kurang relevan terutama bagi anak-anak yang sibuk di luar kegiatan sekolah formal biasa dan ini menjadi alternatif dan solusi bagi siswa dan orang tua untuk memilih homeschooling selaim itu orang tua dan guru lebih fokus terhadap perkembangan dan integrasi pembelajaran sais di pendidikan homeschooling. Kesimpulan penelitian ini yaitu homeschooling menjadi jawaban atas berbagai kebutuhan siswa dan orang tua sesuai dengan situasi dan kondisi dari siswa dan orang tua, sehingga diharapkan anak tetap mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya.  


Keywords


homeschooling; alternatif pendidikan; belajar di rumah; perkembangan pendidikan

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Arifannisa, Arifannisa, Jihan Jihan, Moh Solehuddin, Sumarni Rumfot, dan Masahiko Keshav. 2023. “Homeschooling as an alternative education for the defense of akhlakul karimah (noble characters).” AL_FIKRAH: Jurnal Manajemen Pendidikan 11(1):51–62. doi: 10.31958/jaf.v10i1.8639.

Asbar, Andi Muhammad. 2022. “Menakar eksistensi homeschooling sebagai model pendidikan alternatif.” Journal of Applied Transintegration Paradigm 2(2):35–48.

Chandra, Chandra, dan Sunter Candra Yana. 2022. “Penerapan literasi numerasi dengan model pembelajaram homeschooling.” Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan 13(1):135–43.

Chinazzi, Anna. 2023. “A social contract for home education: a framework for the homeschooling debate.” Encyclopaideia-Journal of Phenomenology and Education 27(65):35–48. doi: 10.6092/issn.1825-8670/15312.

Fathurohman, Apit, Umar Sidiq, Petrus Jacob Pattiasina, dan Ngumar Ngumar. 2022. “Application of homeschooling in the formation of Islamic character an Indonesian celebrity children.” Al-Hayat: Journal of Islamic Education 6(1):223–29. doi: 10.35723/ajie.v6i1.311.

Gusteti, Meria Ultra, Jamaris Jamna, dan Sufyarma Marsidin. 2023. “Pemikiran digitalisme dan implikasinya pada guru penggerak di era metaverse.” Jurnal Basicedu 7(1):317–25. doi: 10.31004/basicedu.v7i1.4417.

Hakim, Lukman, M. V Roesminingsih, dan Widodo Widodo. 2023. “The importance of strength typology (ST) 30 in compilation of personal curriculum for homeschooling partners.” Edukasi 17(1):38–47. doi: 10.15294/edukasi.v17i1.44686.

Hanaco, Indah. 2012. I Love Homeschooling Segala Sesuatu yang Harus diketahui tentang Homschooling. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Heriyadi, Bambang, Henny Yustisia, Lise Asnur, dan Unung Verawardina. 2023. “Literature review: Study of the relevance of the mining vocational education curriculum in the preparation of the MBKM.” Hlm. 958–67 dalam Proceedings of the Unima International Conference on Social Sciences and Humanities (UNICSSH 2022). Atlantis Press SARL.

Hidayat, Arif, dan Fauzi Fauzi. 2022. “Pendampingan residensial semi homeschooling pembelajaran daring anak yatim-piatu di era new normal.” Jurnal Basicedu 6(3):4097–4106. doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2083.

Kalvari, Radiani, Leni Marlin S. Lase, Martha Kaesarina, Vicky Johanna Delarosa, Nandhes Adi Firmanto, Pambudi Pulosari, dan Pdm P. Budi Raharjo. 2021. Homrschooling Mengapa Tidak? Yogyakarta: CV ANDI Offset .

Pedraza-Rodríguez, José A., Andrea Ruiz-Vélez, M. Isabel Sánchez-Rodríguez, dan Manuel Fernández-Esquinas. 2023. “Management skills and organizational culture as sources of innovation for firms in peripheral regions.” Technological Forecasting and Social Change 191. doi: 10.1016/j.techfore.2023.122518.

Piwowar-Sulej, Katarzyna, dan Qaisar Iqbal. 2023. “Leadership styles and sustainable performance: A systematic literature review.” Journal of Cleaner Production 382. doi: 10.1016/j.jclepro.2022.134600.

Pusat Data dan Analisa Tempo. 2019. Homeschooling: Alternatif Belajar di Luar Sekolah Formal. Jakarta: TEMPO Publishing.

Rahayu, Ellen Dwi, dan Murfiah Dewi Wulandari. 2022. “Analisis perkembangan kemampuan kognitif anak dengan metode belajar Home Schooling.” Jurnal Basicedu 6(4):5664–72. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3099.

Ratnasari, Vita, dan Najih Anwar. 2022. “The problems of homeschooling Arabic learning in Sidoarjo.” Indonesian Journal of Islamic Studies 9(2):6–12. doi: 10.21070/ijis.v9i0.1628.

Salam, Faiz. 2023. “Implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dalam kurikulum merdeka di homeschooling.” Hlm. 270–79 dalam Conference of Elementary Studies.

Silalahi, Susi Antaria, Silvia Ningsih, Samuel Pardede, Swardi Silitonga, dan Maria Widiastuti. 2033. “Studi kasus pada kematangan peserta didik terhadap homeschooling.” Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 1(4):311–17.

Sumardiono, Sumardiono. 2007. Homeschooling a lear for better learning: lompatan cara belajar. Jakarta: Elex Media Komputerindo.

Umama, Umama, dan Aries Musnandar. 2022. “Metode social story pada pembelajaran PAI untuk meningkatkan perilaku positif siswa sutisdi Homeschooling Cordova.” DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 1(3):321–29. doi: 10.54259/diajar.v1i3.981.