PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONSEP DASAR IPA SD BERBANTUAN ONLINE CROSSWORD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA

Eka Yuliana Sari
Rohmatus Syafi’ah
Nurna Listya Purnamasari


DOI: https://doi.org/10.29100/.v5i2.4790

Abstract


Hampir 75% mahasiswa kesulitan dalam membedakan antara organ kerongkongan dan organ tenggorokan pada manusia. Mahasiswa terbalik pemahamanya dalam sistem pencernaan mereka menyebutkan organ tenggorokan dan pada sistem pernafasan mereka menyebut organ kerongkongan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan bahan ajar dan  pemahaman konsep mahasiswa S1 PGSD Universitas Bhinneka PGRI pada materi sistem pencernaan setelah menggunakan bahan ajar konsep dasar IPA SD berbasis pendekatan saintifik berbantuan online crossword. Metode Research and Developmentt (R & D) menurut William W. Lee dan Diana L. Owens (2004) digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan layak dengan prosentase 91% meliputi hasil validasi materi, media dan bahasa buku ajar . Prosentase pemahaman konsep mahasiswa dengan menggunakan bahan ajar berbantuan online crossword sebesar 89% dengan klasifikasi Sangat Tinggi. Simpulan dalam penelitian ini dalah bahan ajar yang dikembangkan layak diterapkan dan hasilnya meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada materi system pencernaan pada manusia dan hewan.


Keywords


Buku ajar; konsep dasar IPA SD; online crossword; pemahaman konsep

Article Metrics :

References


Arimadona, S., & Silviana, R. (2019). Pengembangan modul pembelajaran zat adiktif dan psikotropika berbasis scientific approach dengan crossword puzzle. Jurnal Pendidikan IPA Veteran (JIPVA), 62-75.

Bailin, S. (1998) Education, knowledge and critical thinking, in: D. Carr (ed.) Education, Knowledge and Truth: Beyond the Postmodern Impasse (London: Routledge), pp. 204–20

Barrett, P., Gaskins, J., & Haug, J. (2019). Higher education under fire: implementing and assessing a culture change for sustainment. Journal of Organizational Change Management, 32(1),164–180. https://doi.org/10.1108 /JOCM-04-2018-0098.

Beyer, B.K. (1995). Critical Thinking. Bloomington IN: Phi Delta Kappa Educational Foundation. Blake, Nigel. 2002. The Blackwell Guide to he Philosophy of Education. Blackwell Publishing.

Chicca, J., & Shellenbarger, T. (2018a). Connecting with Generation Z: Approaches innursing education. Teaching and Learning in Nursing,13 (3),180–184. https://doi.org/10.1016/ j.teln.2018.03.008

Facione, Peter. 2015. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Measured Reasons LLC, Hermosa Beach, CA.

Fauzi, Y. R. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia. undiksha repository, 10-21.

Hernawan, A. H. (2009). Development of thematic Learning Model in Early Elementary School Classes. Paper. Hosnan. (2014). Scientific and Conceptual Approaches in 21st Century Learning. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kobayashi, K. (2019). Interactivity: A potential determinant of learning by preparing to teach and teaching. Frontiers in Psychology, 9(JAN). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.02755.

Kung, F.-W. (2019). Teaching second language reading comprehension: the effects of classroom materials and reading strategy use. Innovation in Language Learning and Teaching, 13(1), 93–104. https://doi.org/10.1080/ 17501229.2017.1364252.

Kurniasih, I and Sani, B. (2014). Implementation of Curriculum 2013 Concepts and Implementations. Surabaya: Said Pena. Lenk, T., Glinka, P., & Hesse, M. (2019). Educational Federalism in Germany– Financial Evaluation of the Constitutional Law Amendment. Wirtschaftsdienst, 99(3), 196–202. https://doi.org/10.1007/ s10273-019-2418-8.

Kilbane, Clare R & Milman, Natalie B. (2014). Teaching models designing instruction for 21st century learners. Boston: Pearson.

Machali, I. (2014). Curriculum change policy 2013 in welcoming Indonesia gold in 2045. Journal of Islamic Education, 3(1), 71–94.

Miles, Mattew B. and A. Michael Huberman. 1992. Qualitative DataAnalysis: A Sourcebook of New Method. Translation of Tjetjep

Mu'arofah, z. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSS WORD PUZZLE BERBASIS ANDROID PADA MATERI ORGAN PERNAPASAN MAKHLUK HIDUP. Jurnal Ilmiah Kependidikan Khazanah Pendidikan, 8-19.

Rahmawati, Wahyu , N., Sahari, Sutrisno, Zunaidah, & Nurlaila, F. (2022, Agustus 17). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR "TEMUAN" (SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DAN HEWAN) BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Retrieved from Repository Universitas Nusantara PGRI Kediri: http://repository. unpkediri.ac.id/5816/

Ramadhania, S., & Yamin. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Kelas II. Jurnal Educatio, 966-971.

Rohendi Rohidi. Qualitative Data Analysis: A Source Book on New Methods. Jakarta: University of Indonesia PUBLISHER UI-PRESS.