PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERBANTUAN LKPD PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Siti Rohana
Maya Istyadji
Yasmine Khairunnisa


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i1.4496

Abstract


Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menginvestigasi penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar mengenai pencemaran lingkungan di SMPN  6 Banjarmasin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dampak positif yang dihasilkan oleh penggunaan modelopembelajaran inkuiri terbimbing dengan menggunakan lembar kerja peserta didik dalam pembelajaran mengenai pencemaran lingkungan. Peserta penelitian ini adalah peserta didik kelas VII H. Metode pengumpulan data meliputi pretest dan posttest dalam bentuk tes, observasi oleh guru, dan pengisian angket oleh peserta didik. Analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menganalisis peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan lembar kerja peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwaopenggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, yang ditunjukkanodengan peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkanobahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing layak untuk diterapkan di kelas VII SMP pada pembelajaran mengenai Pencemaran Lingkungan.


Keywords


inkuiri terbimbing; hasil belajar; LKPD

Article Metrics :

References


Ajwar, M., Prayitno, A., & Sunarno, W. (2015). Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi terhadap prestasi belajar ditinjau dari berpikir kritis dan kedisiplinan belajar siswa kelas X MIA SMA Negeri 8 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 . Jurnal Inkuiri, 4 (3), 127-135.

Anggareni, W. N., Ristiati, P. N., & Widiyanti, M. P. (2013). Implementasi strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3 (1), 1-11.

Aqib, Zainal dan Ali Murtadlo. 2012. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, Bandung

Fauziyah, Dewi. 2015. Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Pasar. Diakses dari http://inquiry.pdf. Diakses pada tanggal 21 maret 2023.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. PT. Kalimedia, Yogyakarta.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.Ghalia Indonesia, Bogor.

Kurniawati, D. I., Wartono, & Diantoro, M. (2014). Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing peer instruction terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis. Jurnal pendidikan Fisika Indonesia, 10 (1), 36-46.

Muflihah, A. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match pada Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 152-160.

Mulyasa. 2016. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sadia, W. I. (2014). Model-model pembelajaran sains konstruktivistik. Singaraja: Graha Ilmu

Yuniastuti, E. (2013). Peningkatan keterampilan proses, motivasi, dan hasil belajar biologi dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan . Jurnal Penelitian Pendidikan, 13 (1), 80-88.