PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Yehezkiel Octafiero Sinambela
Beni Setiawan


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i1.4423

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMPN 2 Gresik. Penelitian ini adalah Pre-experimental Design dengan desain yang menggunakan one group pre-test post-test. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis N-gain pre-test dan posttest didapat kriteria tinggi, nilai N-gain yang berkategorikan tinggi ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran ini menunjukkan keefektivitas penerapan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran, keterlaksanaan pembelajaran telah mencapai 100% dari 8 poin kegiatan dengan kirteria sangat baik. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning mendapatkan respon baik dari peserta didik dengan rata-rata sebesar 68 dengan kriteria baik. Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah Penerapan model pembelajaran problem based learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati di Indonesia


Keywords


kemampuan berpikir kritis; problem based learning; problem solving

Article Metrics :

References


Adnyana, G.P., (2012), Keterampilan Berfikir Kritis dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Model Siklus Belajar Hipotesis Deduktif, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Vol 45 No 3 : 201-209

Agarwal, N., Singh, G. and Singh, H. (2011) ‘Present status of Icthyofaunal diversity of Garhwal Himalayan river Bhilangna and its tributaries with reference to changing environment’, Environment Conservation Journal, 12(3), pp. 101–108.

Arends, R.I. (2008). Learning to Teaching. Terjemahan oleh Helly P.S. dan Sri Mulyantini S. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Surharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Arikunto. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Asyari, M., Al Muhdhar, M. H., & Ibrohim, H. S. (2016). Improving Critical Thinking Skills Through The Integration of Problem Based Learning And Group Investigation. International Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 36-44.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). 2014.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Jakarta.

Barel, J. (2010). Excerpts from “Problem-Based Learning: The Foundation for 21st Century Skills”, (Online), http://morecuriousminds.com/docs/ 21stCSummary2.pdf), diakses pada tanggal 13 Desember 2010).

Brownell, J., & Jameson, D. A. (2004, October). Problem-Based Learning In Graduate Management Education: An Integrative Model and Interdisciplinary Application. Management Education, 28(5), 558-577.

Chen, K.-n., Lin, P.-c., & Chang, S.-S. (2011). Integrating Library Instruction Into A Problem Based Learning Curriculum. Aslib Proceedings, 63(5), 517-532.

Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Huriah. (2018). Metode Student Center Learning Aplikasi pada Pendidikan Keperawatan. Jakarta :Prenadamedia Group.

Kaleiloglu, F., & Gulbahar, Y. (2014). The Effect of Instructional Techniques on Critical Thinking Disposition in Online Discussion. Educational Technology & Society, 17(1), 248—258.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155–158.

Rosa, Friska Octavia. (2015). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA SMP PADA MATERI TEKANAN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS. JPF. Vol. III. No. 1. Maret 2015.