ANALISIS KUALITAS LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS DIAGRAM VEE PADA PRAKTIKUM SMA MATERI PLASMOLISIS

Pipit Anggraeni
Bambang Supriatno
Utari Akhir Gusti


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i1.4238

Abstract


Kegiatan praktikum yang akan dilakukan seringkali menjadi tidak bermakna dan sebagian siswa hanya terpaksa melakukan karena sekedar menyelesaikan kewajiban saja, selain itu, Lembar Kerja Praktikum (LKP) yang digunakan hanya membimbing siswa untuk memperoleh verifikasi atau hanya memperkuat pengetahuan siswa saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas LKP pada pengamatan plasmolisis pada sel tumbuhan dengan menggunakan diagram vee. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini meliputi 3 LKP yang digunakan oleh sekolah yang berbeda.  Instrumen  penelitian  yang  digunakan  yaitu instrumen kesesuaian LKP dan instrumen  diagram  Vee yang berupa tabel. Berdasarkan hasil uji coba dan analisis data menggunakan  diagram  Vee  diketahui  bahwa  LKP  Biologi pada  materi  plasmolisis sudah  memiliki  komponen  diagram  Vee.  Akan  tetapi,  masih  ditemukan beberapa permasalahan yaitu masih ada LKP yang belum memiliki semua komponen  diagram  Vee  serta  skor  kualitas  LKP  belum  maksimal. Ketidaklengkapan dari komponen diagram Vee pada suatu LKP maka dapat mengganggu pembentukan dari pengetahuan baru bagi siswa. 


Keywords


kegiatan praktikum; LKP; diagram Vee; plasmolisis

Article Metrics :

References


Aisya, S. M., Nura, Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2016). Penerapan Diagram Vee dalam Model Pembelajaran Inquiry Lab dan Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Kuantitatif Siswa Kelas VII pada Materi Pencemaran Lingkungan. Proceeding Biology, 13(1), 112–117. https://jur nal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5670

Bahari, N. K. I., Darsana, I. W., & Putra, D. K. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 103. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488

Darmawati, W. T., Supriatno, B., & Anggraini, S. (2021). EduMatSains Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains ANALISIS DAN REKONSTRUKSI DESAIN KEGIATAN LABORATORIUM (DKL) MATERI SPERMATOPHYTA MELALUI PETUNJUK PRAKTIKUM. 6(1), 163–174. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/edumatsains

Huzaifah, S., Madang, K., & Zen, D. (2017). Penerapan Diagram Vee Untuk Meningkatkan Hasil Belajar MahasiswaProgram Studi Pendidikan Biologi pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017, 610–620.

Kurniawati, Y. (2018). Analisis Kesulitan Penguasaan Konsep Teoritis Dan Praktikum Kimia Mahasiswa Calon Guru Kimia. Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Terapan, 1(2), 146. https://doi.org/ 10.24014/ konfigurasi.v1i2.4537

Novak, J. D., & Gowin, D. B. (1984). Learning how to learn. cambridge University press.

Putri, A. F. (2016). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA ( LKS ) SEBAGAI BAHAN AJAR PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN BAGI SISWA KELAS X JASA BOGA SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN. 1, 1–7.

Rahmatika F, S. A. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Search, Solve, Create, And Share Pada Praktikum Mandiri Materi Mollusca Dan Arthropoda. Unnes Journal of Biology Education, 3(3), 330–3373. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe

Ramdhan, M., & others. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Rustaman, N., Dirdjosoemarto, S., Yudianto, S. A., Achmad, Y., Subekti, R., Rochintaniawati, D., & Nurjhani, M. (2005). Strategi belajar mengajar biologi. Malang: UM press.

Safdar, M. (2013). Make the laboratory work meaningful through Concept maps and V Diagram. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 3(2), 55–60. https://doi.org/10.9790/7388-0325560

Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 29–35. https: //doi.org/10.25273/florea.v2i1.403

Supriatno, B. (2013). Pengembangan program perkuliahan pengembangan praktikum biologi sekolah berbasis ANCORB untuk mengembangkan kemampuan merancang dan mengembangkan desain kegiatan laboratorium. Universitas Pendidikan Indonesia.

Supriatno, B. (2018). Praktikum untuk Membangun Kompetensi. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 1–18.

Wahidah, N. S., Supriatno, B., & Kusumastuti, M. N. (2018). Analisis Struktur dan Kemunculan Tingkat Kognitif pada Desain Kegiatan Laboratorium Materi Fotosintesis. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i2.13050

Zulaiha, H., & Ibrahim, A. R. (2014). Pengembangan Buku Panduan Praktikum Kimia Hidrokarbon Berbasis Keterampilan Proses Sains Di Sma. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 87–93. http://ejournal.unsri. ac.id/index.php/jurpenkim/article/view/2228