PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN MICROSOFT POWER POINT PADA MATERI TEKANAN HIDROSTATIS

Pria Nur Wulandari
Naili Farika
Lisa Nur Afni
Zahfa Agnia Sumakha
Maryani Maryani


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i1.4235

Abstract


Media pembelajaran alat untuk menyebarkan informasi kepada siswa dalam bentuk materi. Guru harus pandai penggunaan Microsoft Powerpoint dalam dunia pendidikan merupakan salah satu penyempurnaan yang dilakukan terhadap sarana pembelajaran. Semua komponen media, termasuk teks, gambar, suara, video, dan animasi, dapat digabungkan dengan bantuan Microsoft Power Point. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang pembuatan bahan ajar Microsoft Power Point interaktif. Metode penelitian ini menggunakan langkah-langkah model Borg dan Gall. Kembangkan produk baru, uji produk baru, dan analisisnya semuanya disertakan. Hasilnya menunjukkan bahwa skor validitas yang diperoleh adalah 3,625 (Va), rata-rata skor validasi media mencapai 82,50%, sedangkan validasi materi mencapai 79,16%. respons siswa terhadap bahan ajar interaktif juga menunjukkan hasil positif dengan skor 81,75% pada uji coba skala kecil dan skor 85% pada uji coba skala luas. Respons guru terhadap media tersebut juga cukup positif, dengan skor 71,7% dan 89,13% secara berturut-turut. Dapat disimpulkan media pembelajran dikatakan valid, berdasarkan temuan evaluasi validasi dan uji coba.


Keywords


media pembelajaran; microsoft power point; media interaktif

Article Metrics :

References


Anyan, A., Ege, B., & Faisal, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power Point. JUTECH: journal education and technology, 1(1).

Dini, P. I. A. U. (2022). Respon Penggunaan Media Power Point Berbasis Interaktif untuk Anak Usia Dini di Era Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 876-885.

Elfizon, E., Islami, S., & Yanto, D. T. P. (2020). Penerapan Multimedia Interaktif Power Point pada Mata Diklat Dasar dan Pengukuran Listrik. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 4(2), 87-95.

Nabila, N. (2020). Pengembangan multimedia interaktif berbasis power point pada materi teorema pythagoras. Jurnal Syntax Transformation, 1(04), 32-40.

Nurfadhillah, S., Tantular, L. D., Syafitri, H. A., Fauzan, M. I., & Haq, A. S. (2021). Analisis Pengembangan Media Interaktif Berbasis Power Point Pada Pembelajaran Jarak Jauh di MI Darussaman. PENSA, 3(2), 267-279.

Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah?. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 43-48.

Octaviana, D. R., Sutomo, M., & Sahlan, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Power Point Interaktif Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 146-154.

Poerwanti, J. I. S., & Mahfud, H. (2018). Optimalisasi penggunaan media pembelajaran interaktif dengan microsoft power point pada guru-guru sekolah dasar. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 265-271.

Pramesti, P. D., Dibia, I. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Pembelajaran Daring Interaktif Berbasis Power Point Dengan Fungsi Hyperlink. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 258-267.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Putri, H. P., & Nurafni, N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3538-3543.

Rahmawati, B. F., Badarudin, B., & Hadi, M. S. (2020). Penggunaan media interaktif power point dalam pembelajaran daring. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 4(2), 60-67.

Rosidah, R., Nizaar, M., Muhardini, S., Haifaturrahmah, H., & Mariyati, Y. (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Game Interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD. Dalam Seminar Nasional Paedagoria (Vol. 2, hlm. 10-16).

Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82-92.

Yusri, R., & Husaini, A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Microsoft Power Point Dalam Pembelajaran Matematika Kelas X MA KM Muhammadiyah Padang Panjang. Jurnal IPTEK Terapan, 11(1), 1-8.