VALIDITAS ASESMEN FORMATIF BERBASIS WIZER ME PADA TEMA REVOLUSI PANGAN DALAM MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP

Eiftien Yuliar Rasyidin
Sjaifuddin Sjaifuddin
Liska Berlian


DOI: https://doi.org/10.29100/.v5i2.4139

Abstract


Rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik menjadi permasalahan dalam pembelajaran IPA tingkat SMP sehingga diperlukan pengembangan asesmen formatif berbasis Wizer Me tema revolusi pangan untuk mengukur kemampuan literasi sains peserta didik kelas IX. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat validitas asesemen formatif berbasis Wizer Me tema revolusi pangan untuk mengukur kemampuan literasi sains peserta didik IX. Penelitian ini dilakukan pada semester genap TA 2022/2023 di 3 SMP Negeri Kota Jakarta Barat. Metode penelitian research and development dengan model pengembangan 4D yang pada penelitian ini dibatasi sampai tahap development. Hasil uji empiris asesmen formatif berbasis Wizer Me dalam mengukur kemampuan literasi sains peserta didik kelas IX dinyatakan sangat valid dilihat dari rata-rata nilai persentase sebesar 87,58% berdasarkan validasi ahli meliputi ahli materi 87,60%, ahli media 93,62% dan guru IPA 81,52%. Berdasarkan validasi 30 siswa yang diukur mendapatkan hasil 17 soal valid dengan tingkat kesukuran 16 soal tergolong sukar dan 1 soal tergolong sedang serta reliabilitas soal sebesar 0,89 yang menunjukkan interpretasi reliabilitas tinggi.

Keywords


Asesmen formatif; literasi sains; Wizer Me

Article Metrics :

References


Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March). CV Pustaka Ilmu Group.

Anderson, L. W., Krathwohl Peter W Airasian, D. R., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R., Raths, J., & Wittrock, M. C. (2001). A Taxonomy for Learning,Teaching and Assessing A Revision Of Bloom’s Taxonomy Of Educational Objectivies (A. E. Burvikovs (ed.)). Pearson Education. https://www.uky.edu/~rsand1/china2018/texts/Anderson-Krathwohl - A taxonomy for learning teaching and assessing.pdf

Anjarsari, P. (2014). Literasi Sains Dalam Kurikulum Dan Pembelajaran Ipa Smp. Prosiding Semnas Pensa VI ”Peran Literasi Sains”.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. In Jakarta: Rineka Cipta (p. 172). http://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/62880

Arum, N.E., Sjaifuddin, S., & Taufik, A.N. (2022). Pengembangan Instrumen Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Berbasis Quizizz pada Pembelajaran IPA Daring Tema Hipertensi untuk SMP Kelas VIII. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA 7(2), 270-279 http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v7i2.270-279

Asrizal, Amran, A., Ananda, A., Festiyed, F., & Sumarmin, R. (2018). The development of integrated science instructional materials to improve students’ digital literacy in scientific approach. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 442–450. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i4.13613

Cahyahatini, A. F., Sjaifuddin, S., & Taufik, A, N. (2023). Pengembangan instrumen tes berbasis kearifan lokal Kesenianku Rampak Bedug untuk Melatih Keterampilan Literasi Sains Siswa SMP Kelas VIII, Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan 12(1), 207-213. https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i1.122739

Chasanah, N., Widodo, W., & Suprapto, N. (2022). Pengembangan Instrumen Asesmen Literasi Sains Untuk Mendeskripsikan Profil Peserta Didik. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 474–483. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.474-483

Gormally, C., Brickman, P., & Lut, M. (2012). Developing a test of scientific literacy skills (TOSLS): Measuring undergraduates’ evaluation of scientific information and arguments. CBE Life Sciences Education, 11(4), 364–377. https://doi.org/10.1187/cbe.12-03-0026

Hapsar, D. D., Lisdiana, L., & Sukaesih, S. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Modul Daur Ulang Limbah pada Literasi Sains. Journal of Biology Education, 5(3), 302–309. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe

Helendra, H., & Sari, D. R. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Literasi Sains Tentang Materi Sistem Ekskresi dan Sistem Pernapasan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 17. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.29860

Irsan, I. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5631–5639. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1682

Lestari, D., & Setyarsih, W. (2020). Kelayakan Instrumen Penilaian Formatif Berbasis Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Pemanasan Global. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3), 561–570. https://doi.org/10.26740/ipf.v9n3.p561-570

Retnawati, H. (2018). Desain Pembelajaran Matematika Untuk Melatihkan Higher Order Thinking Skills. In UNY Press.

Septiani, A. D., Sjaifuddin, S., & Berlian, L. (2022). Pengembangan Instrumen Evaluasi Tes Two-Tier Multiple Choice Berbasis Literasi Sains Siswa Kelas VII Pada Tema Hujan Asam. Biodik, Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 8(1), 167-174. https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.17305.

Setiawan, Riyan Dwi; Wailanduw, A. G. (2016). Pengembangan media macromedia captivate terhadap pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggunakan alat- alat ukur multimeter Kelas X Di Smk Negeri 2 Lamongan. Jptm, 5(2), 6–13. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/15/article/view/17351/15784

Sjaifuddin, S. (2021). Perilaku Ketahanan Pangan dan Kearifan Lokal: Sebuah Pendekatan Sistem Dinamik, dalam Ibrohim et al (2021) Research-based Transdisciplinary Approaches, Indonesian Consortium for Learning Innovation Research, UM, 99-120

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. ALPABETA.

Taufik, A. N., Berlian, L., Fathia, A., & Rasyidin, E. Y. (2022). Pengembangan Instrument Tes Literasi Sains Pada Tema Yuk Makan Talas Beneng Untuk Calon Guru Ipa. Jurnal Aksioma, 11(2), 141–150. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jax

Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. A Sourcebook, Mc, 195.

Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. ttps://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592

Utami, T.P., Sjaifuddin, S., & Berlian, L. (2022). Pengembangan Soal Uraian Berbasis Indikator Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Konsep Sistem Pencernaan pada Manusia untuk Siswa Kelas VIII SMP/Mts. PENDIPA Journal of Science Education 6(1), 128-134. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.128-134