ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII SMPN 1 KASREMAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Ego Dwi Prastyo
Arifian Dimas


DOI: https://doi.org/10.29100/.v5i2.4137

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat kemampuan berpikir kritis siswa SMP dalam memahami materi fisika tentang pesawat sederhana pada siswa kelas VIII SMPN 1 Kasreman. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kuantitatif dan bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dalam memahami materi tentang pesawat sederhana. Penelitian ini terdiri dari 10 soal pilihan ganda dua tingkat yang dibagi menjadi 5 indikator, yaitu: 1) Klarifikasi Dasar, 2) Keterampilan Dasar (Basic Support), 3) Inferensi, 4) Klarifikasi Lanjut, dan 5) Strategi dan Taktik. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase kemampuan berpikir kritis siswa dalam memahami materi pesawat terbang sederhana sebesar 73,6%, dengan indikator Klarifikasi Dasar kategori tinggi. Indikator Basic Support mendapatkan persentase 75,9% dalam kategori tinggi. Indikator Inferensi mendapatkan persentase sebesar 43,5% dalam kategori cukup. Indikator Klarifikasi Lanjut memperoleh persentase sebesar 55,1% dalam kategori cukup. Indikator Strategi dan Taktik berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 42,6%.


Keywords


Kemampuan berpikir kritis; pesawat sederhana; deskriptif kuantitatif

Article Metrics :

References


Andayani, Y., Hadisaputra, S., & Hasnawati, H. 2018. Analysis of the Level of Conceptual Understanding. Journal of Physics: Conference Series 1095(1), p. 012045). IOP Publishing.e Bono, Edward. 2007. Revolusi Berpikir Edward De Bono: Belajar Berpikir Canggih dan Kreatif Dalam Memecahkan Masalah dan Memantik Ide-Ide Baru/Edward De Bone. Diterjemahkan oleh: Ida Sitompul dan Fahmi Yamani. Bandung: Kaifa.

Ennis, R. 1995. Critical Thinking. New Jersey: Prentice Hall

Indarta, Y., Jalinus, N., Abdullah, R., & Samala, A. D. (2021). 21st Century Skills: TVET dan Tantangan Abad 21. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4340–4348.

Kan, A. Ü., & Murat, A. (2018). Investigation of Prospective Science Teachers’ 21st Century Skill Competence Perceptions and Attitudes Toward STEM. International Online Journal of Educational Sciences, 10(4), 251–272.

Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830-838.

Rahayu et al. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia Restu Rahayu 1, Sofyan Iskandar 2 , Yunus Abidin 3. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104.

Ramandha, M. E. P., Andayani, Y., & Hadisaputra, S. 2018. An analysis of critical thinking skills among students studying chemistry using guided inquiry models. In AIP Conference Proceedings. 2021(1), p. 080007).

Salimah (2014) “Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Solving Terhadap Keterampilan Proses SAINS Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Pesawat Sederhana Kelas VIII Semester II MTsN 2 Palangkaraya Raya”. Skripsi. Palangka Raya: IAIN Palangka Raya Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan.

Syahputra, E. (2018). Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN, 1(March), 1276–1283. https://www.researchgate.net/publication/331638425_PEMBELAJARAN_ABAD_21_DAN_PENERAPA NNYA_DI_INDONESIA/link/5c847e51458515831f96f565/download

Ulinniam, Hidayat, Barlian, U. C., & Iriantara, Y. (2021). Penerapan Kurikulum Revisi 2013 Di Masa Pandemi Pada SMK IBS Tathmainul Qullub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 118-126.

Zulkarnain, Z., Andayani, Y., & Hadisaputra, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Pembelajaran Preparing Dong Concluding. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 96- 100.