PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS VII SMP AL-AMIN PAMIJAHAN BOGOR MATERI TATA SURYA

Euis Anita



DOI: https://doi.org/10.29100/eduproxima.v4i2.2473

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan dari pengembangan media scrapbook pada pembelajaran IPA materi tata surya kelas VII SMP Al-Amin Pamijahan Kab. Bogor. Metode penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil rata-rata validasi media scrapbook memperoleh skor sebesar 4 dengan menggunakan skala likert dan hasil rata-rata respon peserta didik sebesar 92%. Dapat disimpulkan bahwa media scrapbook pada pembelajaran IPA materi tata surya valid dan praktis sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran.


Keywords


Media Pembelajaran; Pengembangan; Scrapbook; Tata Surya

Article Metrics :

References


Arif, S., & Sadiman. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya

_______________________________________________________

Raja Grafindo Persada.

E.N, P., & W, S. (2014). Pengaruh Media Musik Instrumental Terhadap Keterampilan Menulis Puisi. Jurnal PGSD, 2(2).

_______________________________________________________

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 4(1), 104117.

_______________________________________________________

Noelaka, A., & Noelaka, G. A. A. (2017). Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Kharisma Putra Utama.

_______________________________________________________

Pane, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(02).

_______________________________________________________

Rahmawati, N., Mashuri, Mohan, T., & Nurjanah. (2019). Pengaruh Media Scrapbook Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(2).

_______________________________________________________

Susliana, D., & Wahyuni, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Sruktur Bumi dan Dinamikanya. JOURNAL Unnes, 8(3), 07.

_______________________________________________________

Veronica, I., Pusari, R. W., & Setiawardana, M. Y. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA PEMBELAJARAN IPA. JIPP, 2(3), 258266.

_______________________________________________________

Wardhani, S. W. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA MATERI PENGELOMPOKAN HEWAN UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Sekolah, 2(3), 124130.

_______________________________________________________

Winarni, & Widi, E. (2018). Teori dan Praktek Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development. Bumi Aksara.

_______________________________________________________