ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA BELAJAR IPA MATERI TUMBUHAN HIJAU PADA SISWA KELAS V SDN 3 PANJEREJO DI MASA PANDEMI COVID-19

Evi Eliyana

Sari


Tujuan penelitian ini pertama untuk mengetahui penerapan keterampilan proses sains selama kegiatan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19.  Kedua untuk mengetahui hasil analisis keterampilan proses sains yang dimiliki siswa dapat berkembang di masa pandemi Covid-19. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa pernyataan dengan jawaban yang sudah tersedia, jawaban terdiri dari 4(empat) option dengan penskoran = jawaban SS skor 4, jawaban S skor 3, jawaban TS skor 2, jawaban STS skor 1, jumlah masing-masing variabel 10 pernyataan yang akan dijawab oleh 14 siswa sehingga nilai terendah dari 1 butir pernyataan 14 dan nilai tertinggi 56. Penelitian dilaksanakan di SDN 3 Panjerejo pada kelas V. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 14 orang. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan keterampilan proses sains di masa pandemi Covid-19 baik dapat diterima oleh siswa, dan hasil analisis keterampilan proses sains di masa pandemi Covid-19 terlihat berhasil dan berpengaruh baik untuk siswa. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan dan bahan pertimbangan bagi peneliti lainnya untuk melakukan penelitian dengan variabel analisis keterampilan proses sains lainnya.

Kata Kunci


Keterampilan Proses Sains; Covid-19; pembelajaran IPA

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina P. (2018). “artikel keterampilan proses sains pdf”, https://media.neliti.com diakses pada 1 Mei 2020 pukul 18.15

Amiruddin (Guru IPA SMPN 1 Anggaberi) “danpak Covid-19 pada pembelajaran IPA” https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/covid-19-dan-sekolah/ diakses pada 11 Juli 2020 pukul 10.54

Deswantoro, Pradhika. (2019), “ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DIPADU METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI RANGKAIAN LISTRIK SEDERHANA KELAS VI SDN 1 GONDANG TULUNGAGUNG” program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI TULUNGAGUNG

Drago, W. and Wagner, R. (2004), "Vark preferred learning styles and online education", Management Research News, Vol. 27 No. 7, pp. 1- 13.https://doi.org/10.1108/01409170410784211

Ekene, Igboegwu. (2011). Effects Of Co-Operative Learning Strategy And Demonstration Method On Acquisition Of Science Process Skills By Chemistry Students Of Different Levels Of Scientific Literacy. Journal of research and Development. 3(1): 204-212.

Hidayat, Anwar. (2012). “pendekatan penelitian kualitatif”, https://www.statistikian.com/2012/10/penelitian-kualitatif.html, diakses pada 25 Maret 2020 pukul 10.20

Komalasari (2011) “angket secara besdar terdiri dari tiga bagian yaitu: judul angket, pengantar yang berisi tujuan, atau petunjuk pengisian angket, dan item-item pertanyaan yang berisi opini atau pendapat dan fakta”.

Moh. Nazir. (2005) “Skala Likert merupakan metode skala bipolar yang mengukur baik tanggapan positif atau negatif trthadap suatu pertanyaan. Empat skala pilihan juga kadang digunakan untuk kuisioner skala Likert yang memaksa orang memilih salah satu kutub karena pilihan “netral” tidak tersedia”.

Permendikbud Nomor 81a Tahun 2013

Pratama AA. “artikel keterampilan proses sains pdf”, https://ejournal.insri.ac.id diakses pada 1 Mei 2020 pukul 18.15

Rahmasiwi P. (2008).“artikel keterampilan proses sains pdf”, https://media.neliti.com diakses pada 1 Mei 2020 pukul 18.15

Rustaman, N. et al. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Suharsimi, Arikunto. (2010). Manajemen Pendidikan, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005).

Srisusila, Mahardhika Anang. (2019). “IMPLEMENTASI KETERAMPILAN PROSES SAINS DIPADU MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY SEBAGAI PENGUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI PEMBELAJARAN PERTUMBUHAN TANAMAN PADA SISWA KELAS V SDN 1 GONDOSULI TAHUN PELAJARAN 2018/2019” Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI TULUNGAGUNG

Saputra, dkk. (2016). Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Dasar Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Matakuliah Anatomi Tumbuhan (Studi Kasus Mahasiswa Prodi P. Biologi Fkip Ums Tahunn Ajaran 2015/2016)

Tikalisti, Nasya (2018). “materi tumbuhan hijau kelas 5 sd”, https://nasyatikalisti.home.blog/2018/12/27/tumbuhan-hijau/. diakses 22 Februari 2020 pukul 12.15

Uzer Usman. (2008). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wikipedia, (2019) “covid-19”, https://en.m.wikipedia.org/wiki/Coronavirus_disease_2019. Diakses pada 30 April 2020 pukul 09.28

Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati, (2014). Metodologi pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Zapalska, A. and Brozik, D. (2006), "Learning styles and online education", Campus-Wide Information Systems, Vol. 23 No. 5, pp. 325- 335.https://doi.org/10.1108/1065074061071408 0

“Artikel covid-19 terhadap pendidikan pdf”, https://www.researchgate.net


Article Metrics :

Sari view : 62 times
PDF View : 75 times