PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI BAGI SISWA KELAS XI-MIPA 5 SMA NEGERI 1 BOYOLANGU TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Noor Hayati

Sari


Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran bermain peran dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi pada siswa kelas XI-MIPA 5  SMAN 1 Boyolangu Tahun Pelajaran 2017/2018 yang dilaksanakan pada tanggal 25 September sampai 16  Oktober 2017. Dari data-data yang sudah diperoleh selanjutnya dianalisis dengan metode yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu data kuantitatif yang diperoleh dari hasil evaluasi akan memberikan jawaban mengenai berhasil tidaknya proses pembelajaran yang diukur dengan ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan babwa penerapan strategi pembelajaran bermain peran pada mata pelajaran biologi tentang Organ Sel Dan Fungsinya dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas XI-MIPA 5  SMAN 1 Boyolangu Tahun Pelajaran 2017/2018. Dengan rata-rata 67,30 siklus I dan 70,64 siklus II, sedangkan ketuntasan klasikalnya 71,79 % siklus I dan 87,17% siklus II.


Kata Kunci


Bermain peran; Motivasi belajar; Prestasi belajar; Biologi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abana, Umara. (2010). Pembelajaran Role Playing Mata Pelajaran PKN Kelas V SD Inpres Maccini. Makassar: Jurnal PTK Skripsi dan Makalah

Arikunto, Suharsimi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

______, (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. (2009). Penelitian Tindakan kelas. Bandung: Yrama Widya

______. (2011). Penelitian Tindakan kelas. Bandung: Yrama Widya

Basrowi dan Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Bintang, Risde. dkk. (2000). Peningkatan Aktivitas Pembelajaran dengan Menggunakan Metode Bermain Peran. Pontianak: Pgsd FKIP, Universitas Tanjung Pura.

Brady, L. (1985). Models and Methods of Teaching. Sidney: Prentice-Hall of Australia.

Depdiknas, Balitbang. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas, Balitbang.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Mata Pelajaran PKn SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gistituati, N. (2002). Model pembelajaran yang efektif dalam pendidikan kewarganegaraan, Buletin Pembelajaran, Nomor 01/Tahun 25, Edisi Maret 2002, Universitas Negeri Padang, hh 13-32.

Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

________. (2006). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara

Hamidi. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Press.


Article Metrics :

Sari view : 16 times
PDF View : 6 times