PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF TEMA 9 SUBTEMA 1 TENTANG MATERI BERDASARKAN KOMPOSISI PENYUSUNNYA SISWA KELAS V SDN 2 SURODAKAN,TRENGGALEK

Mey Rahayuningsih

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya antusias siswa dengan pembelajaran yang dilakukan guru dan minimnya interaksi siswa dengan siswa yang lain. Permasalahan tersebut terjadi pada siswa kelas V SD Negeri 2 Surodakan yang berdampak pada hasil belajar kognitif siswa pada bahasan Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 1 mengenai materi berdasarkan komposisi penyusunnya. Tindakan yang dapat mengurangi permasalahan tersebut dengan memadukan model pembelajaran jigsaw berbantu media flashcard yang mana dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 15 dengan penskoran menjawab benar = 1 dan menjawab salah = 0. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y diketahui dengan menghitung data hasil posttest menggunakan Independent Sample T Test. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran jigsaw berbantu media flashcard terhadap hasil belajar kognitif Tema 9 Subtema 1 tentang Materi Berdasarkan Komposisi Penyusunnya. Terbukti dari hasil uji t yaitu thitung> ttabel yaitu 2,669 > 2,0129 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,01 < 0,05. Jadi, hasil data tersebut menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima.

 

Kata kunci: flashcard, hasil belajar kognitif, model jigsaw


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Danoebroto, Sri Wulandari. (2015). Teori Belajar Konstruktivis Piaget dan Vygotsky. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 2(3), 191-198.

Ernita, Fatimah, R. A. (2016). Hubungan Cara Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PKN pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 971–979.

Salay, R. (2018). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa yang Mendapatkan Teacher Centered Learning (TCL) dengan Student Centered Learning( SCL ). Universitas Muslim Indonesia.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slavin, Robert, E. (1982). Cooperative Learning: Students Teams. National Education: Association of the United States.

Suyono dan Hariyanto. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Article Metrics :

Sari view : 13 times
PDF View : 11 times