PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF TEMA 9 SUBTEMA 2 MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA KELAS IV DI SDN PAKEL

INFIRUL AZIZAH

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi  oleh permasalahan yan terjadi pada siswa SDN Pakel saat kegiatan pembelajaran banyak yang tidak memperhatikan guru menyampaikan materi pembelajaran sehingga hasil belajar siswa sangat rendah yaitu  mendapatkan nilai di bawah KKM 65. Berdasarkan hal tersebut peneliti menggunakan strategi pembelajaran interaktif dengan media papan flanel.Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hasil belajar kognitif siswa pada tema 9 subetma 2 materi energi dan perubahannya kelas IV. Metode penelitian yaitu kuantitatif dan jenis desain quasy eksperimental design.Alat pengumpulan data digunakan tes dan wawancara.Tes diuji cobakan kemudian diuji validitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda.Analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis (Independent Samples Test) diperoleh nilai thitung = 2,818, nilai ttabel  = 2,086, karena thitung>ttabel  yaitu 2,818 › 2,086 dengan signifikasi 0,008 < 0,05, maka Ho ditolak Ha diterima, artinya hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen lebih baik. Nilai rata-rata kelas kontrolpretest 80 dan posttest 81,4, sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen pretest 75,6 dan posttest kelas eksperimen 85,5, bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran interaktif dengan media papan flanel terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Pakel Trenggalek pada tema 9 subtema 2 materi macam-macam energi dan perubahannya.

 

Kata Kunci :hasil belajar, papan flanel, strategi interaktif.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astiani, Novita dkk.(2018). Media papan flanel yaitu salah satu jenis media visual yang terbuat dari kain flanel. Jurnal pedadidaktika.5(2).317-325.

Majid, Abdul. (2015). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman.(2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana.

Sinar.(2018). Metode Active Learning. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sugiyono.(2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics :

Sari view : 6 times
PDF View : 6 times