PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU POP-UP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 1 GONDOSULI

Heru Budi Prasetiyo

Sari


Media pembelajaran dan hasil belajar merupakan bagian yang saling terkait dalam pembelajaran. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain yaitu media pembelajaran. Hasil belajar akan meningkat bila guru dalam proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran. Dalam hal ini media pembelajaran yang dimaksud adalah media pembelajaran buku pop-up. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penggunaan media pembelajaran buku pop-up terhadap hasil belajar IPA.Metode yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif. Populasi  dan sample penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk variabel media pembelajaran kemudian menggunakan tes untuk variabel hasil belajar. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1)Pengaruh penggunaan media pembelajaran buku pop-up (X) terhadap hasil belajar (Y) siswa kelas IV SDN 1 Gondosuli sangat signifikaan. Dengan hasil  >  yaitu 2.277 > 2.021 dan niali Sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu 0,035 < 0,05.

 

Kata Kunci: Buku Pop-up, Hasil belajar IPA, Media

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anitah, Sri. (2008). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Asyhar, Rayandra. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.

Baharuddin & Wahyuni. 2015. Teori belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Jihad, A., & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran (pertama). Yogyakarta: Multi pressindo.

Masturah, E. D., Putu, L., & Mahadewi, P. (2018). Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar Setiap warga negara Indonesia, 9, 215–225.

Musfiqon. (2016). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta:PT.Prestasi Pustakarya.

Mustofa, R., & Syafi’ah, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Else ( Elementary School Education Journal ), 2, 30–41.

Purwaningsih, & Maisaroh, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips Kelas IV SD Donotirto Tahun Ajaran 2015/2016.

Ressi. D, Yeni, & Titin (2017). Kelayakan Pop-Up Book Keragaman Jamur Di Hutan Lindung Gunung Naning Pada Materi Keanekaragaman Hayati.

Solichah, L. A. (2018). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV SDN Wonoplintahan II Kecamatan Prambon Luli Anies Solichah. Jpgsd, 06, 1537–1547.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suhendro, Husain, S. N., & Djirimu, M. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA (Bagian-Bagian Tumbuhan) Dengan Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Kelas IV SDK Padat Karya, 4(5), 97–108.

Sundayana, R. 2014. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Sylvia, N. I., & Hariani, S. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas III SDN Banjaran Driyorejo Gresik, 03, 1196–1205.

Wisudawati & Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara


Article Metrics :

Sari view : 13 times
PDF View : 7 times